What’s Career Day ?

Bimbingan karir adalah salah satu bidang dari empat bidang layanan Bimbingan dan Konseling yaitu bidang layanan pribadi, sosial, belajar dan karir. Bimbingan karir menjadi salah satu fokus perhatian Guru BK di semua tingkat SMA. Hal ini dikarenakan menjadi kebutuhan yang urgent bagi murid kelas 12 yang akan menyelesaikan pendidikan di tingkat SMA dan melanjutkan pendidikannya di jenjang berikutnya. Diharapkan para murid kelas 12 mampu menentukan pilihan karir atau studi lanjut sesuai dengan potensi diri, bakat dan minatnya. Dengan demikian pilihan yang sesuai, mampu memotivasi generasi penerus bangsa untuk mengembangkan diri dengan kreatif dan inovasi baru menghadapi era digitalisasi revolusi industri 4.0.

Career Day menjadi salah satu kegiatan BK dalam layanan karir. Caree Day kali ini difasilitasi oleh Kampus BINUS Malang dan didukungan oleh Sekolah Santo Paulus Jember yang melibatkan Wali Kelas 12. Kegiatan ini diharapkan dapat melengkapi informasi murid tentang Perguruan Tinggi dan menjawabi setiap persoalan kebingungan murid saat ini. Penentukan pilihan karir, murid tidak cukup dengan informasi yang diberikan dalam bimbingan klasikal. Murid perlu mendapatkan fasilitas yang memadai dengan sebuah pengalaman belajar di luar kelas yang kreatif sehingga memiliki pemahaman yang mendalam.

Ada dua kegiatan yang dilakukan para murid kelas 12 selama berada di Kampus BINUS Malang. Keberangkatan pukul 04.00 dari sekolah dan tiba di kampus BINUS Malang pukul 09.00, acara langsung dikoordinasi Panitia BINUS Malang. Kelompok 1 terdiri dari kelas 12 MIPA.1, 12 IPS.1, 12 IPS.2 dan 12 IPS.4, berkumpul di aula untuk mendapatkan informasi tentang cikal bakal sejarah berdirinya BINUS sampai pada perkembangan dan informasi tentang beasiswa. Kelompok 2 terdiri dari kelas 12 MIPA.1, 12 MIPA.2, 12 IPS.3. dan 12 IPS.5, melakukan tour the BINUS dengan pendampingan Wali Kelas menjelajahi semua fasilitas yang ada di BINUS. Bargantian. Kelompok 2 kembali berkumpul di aula dan kelompok 1 menjelajahi semua fasilitas BINUS. Dengan datang dan melihat pada akhirnya memunculkan suatu pengalaman belajar yang berbeda dari biasanya. Hal ini dapat membantu murid memiliki pemahaman yang semakin mendalam tentang Perguruan Tinggi.

Kegiatan Career Day diakhiri dengan makan siang bersama yang dijamu oleh Panitia BINUS Malang dan foto bersama. Setelah itu lanjut perjalanan dan singgah di tempat pusat oleh-oleh STRUDEL Malang sebelum melanjutkan perjalanan kembali ke Jember.

Pengalaman belajar yang kreatif menjadi acuan bagi murid untuk berpikir kritis dalam membuat pilihan studi lanjut. Diharapkan pilihan studi lanjut dapat sesuai dengan minat sehingga menjadi bermanfaat untuk pilihan pekerjaan dikemudian hari. Melanjutkan studi di Perguruan Tinggi, tidak hanya sebatas mengejar prestasi akademi, membangun membangun relasi yang luas demi masa depan. Dengan demikian, generasi penerus bangsa mampu bersaing secara mandiri dalam bekerja bahkan mampu berinovasi menciptakan lapangan kerja baru menyongsong era Society 5.0.

Artikel: Sr. Vero
Fotografer: P. Petrus Budi Eko dan Terrence Tanaka 12A2