Doa Virtual Lintas Agama

Surat edaran dari dinas pendidikan Jember dan Lumajang yang berisikan imbauan doa bersama direspon dengan cepat oleh warga SMAK Santo Paulus Jember. Melalui aplikasi zoom meeting, SMAK Santo Paulus menggelar doa bersama yang diikuti oleh segenap warga sekolah tanpa terkecuali. Semua murid, guru, karyawan, dan kepala sekolah terlibat dalam doa yang berlangsung pada pada hari Kamis, 26 Agustus 2021. Secara khusus, doa yang dilangsungkan mulai pukul tujuh malam tersebut memohon agar masa pendemi segera berlalu.

Acara doa yang berkonsep lintas agama tersebut juga diikuti oleh Drs. Ponadi, M.Si., selaku pengawas bina SMA Katolik Santo Paulus dan Dr. Drs. Mahrus Syamsul, M.MPd., selaku kepala cabang dinas pendidikan Kabupaten Jember dan Lumajang. Bahkan melalui sambutannya, Bapak Ponadi memuji SMA Katolik Santo Paulus yang merespon dengan cepat surat edaran yang diberikan kepada seluruh SMA di Jember dan Lumajang. “Saya ajungi jempol untuk SMAK Santo Paulus yang telah merespon dengan cepat surat edaran doa bersama. Sejauh ini, baru SMAK Santo Paulus yang mengundang saya untuk mengikuti doa,” puji Pak Ponadi saat memberikan sambutan.

Doa bersama dengan konsep lintas agama ini juga mendapat respon positif dari para murid SMAK Santo Paulus. Salah satunya datang dari Celine Diva Natanael, murid kelas XI IPS 2, “Diwakilkan doa dari lima agama, seketika membuat bangga banget,” ungkap Celine. Doa serupa masih akan berlangsung dua kali yakni tanggal 2 dan 9 September 2021. Jika pada doa pertama diwakilkan oleh satu orang bruder, tiga orang guru, dan satu orang murid yang mewaliki lima agama, pada doa berikutnya keterlibatan murid akan lebih diutamakan. “Pada doa berikutnya, silakan para murid yang terpilih menyiapkan diri untuk memimpin doa,” ungkap Elizabeth Enie R.Y.S., S.Si., S.Pd., selaku wakil kepala sekolah bidang kesiswaan.

Semoga melalui ketulusan doa-doa yang dilantunkan membuat Tuhan memberikan jawaban dengan segera memulikan segala situasi dan kondisi masa pandemi yang telah lebih dari satu tahun berlangsung. Tabik.

Penulis: Ujang Sarwono, S.Pd.