Hari Pertama Pelaksanaan USP-BKS

Serangkaian ujian yang wajib dijalani murid kelas XII masih terus berlangsung. Setelah berselang dua hari sejak pelaksanaan ujian praktik, kini murid kelas XII kembali menjalani ujian satuan pendidikan berbasis komputer dan smartphone (USP-BKS).

Ujian akan berlangsung mulai tanggal 2 Maret dan akan berakhir pada tanggal 11 Maret 2020 mendatang. Sebelum dan saat pelaksanaan USP-BKS, sekolah telah berupaya maksimal demi kelancaran proses ujian. Mulai dari pelaksanaan try out yang dilaksanakan beberapa hari sebelumnya dan penggarapan sistem jaringan yang disiapkan dengan maksimal. Setidaknya hal ini telah dapat dilihat dari pelaksanaan ujian pada hari pertama (Senin, 2 Maret 2020) yang berjalan dengan lancar.

“Secara umum ujian hari pertama sudah berjalan lancar. Kami telah menyiapkan ujian dari sisi infrastruktur dan perlengkapan secara maksimal,” ujar salah satu panitia USP-BKS SMAK Santo Paulus, F.X.. Dedianto. Persiapan yang matang dari panitia sekolah juga disambut dengan persiapan dari murid yang optimal. “Jika biasanya saya belajar tidak terjadwal, khusus menghadapi USP-BKS saya sampai rela mengajak belajar kelompok teman-teman untuk saling berbagi ilmu. Saya juga membuka aplikasi belajar dan melihat video materi pelajaran di youtube,” cerita Felicia Amelinda Satrya, salah satu peserta ujian dari jurusan IPS.

Secara khusus, kepala sekolah juga memberikan imbauan kepada pengawas ujian untuk menjunjung nilai-nilai kejujuran selama pelaksanaan ujian. Kepala sekolah juga mengingatkan untuk memperhatikan ketelitian saat melakukan pengawasan ujian. “Mohon Bapak dan Ibu guru yang ditunjuk sebagai pengawas ujian untuk menjunjung nilai-nilai kejujuran para murid selama pelaksanaan ujian. Jika ada indikasi ketidakjujuran, mohon ditindak sesuai dengan prosedur,” tegas kepala SMAK Santo Paulus, Antonius Denny Cahyo S., S.S., M.Sc., M.Pd. saat memberikan pengarahan kepada pengawas ujian. Semangat terus untuk para murid kelas XII yang sedang melalui proses ujian. Penulis            : Tim Jurnalistik SMAK Santo Paulus