Back to School

Akhirnya, masa pengenalan lingkungan sekolah di SMAK Santo Paulus yang lebih dikenal dengan sebutan MOM dapat diselenggarakan secara luring setelah selama dua tahun harus dilaksanakan secara daring akibat dari pandemi COVID-19. Masa pengenalan lingkungan sekolah ini bertujuan untuk membantu para peserta didik dalam mengenal serta mempersiapkan diri dalam proses belajar mereka bersama dengan teman-teman, para guru dan karyawan di SMAK Santo Paulus Jember. Dengan tetap mematuhi protokol kesehatan, para murid SMAK Santo Paulus Jember tampak antusias menyambut babak baru perjalanan mereka meraih cita-cita.

Masa pengenalan lingkungan sekolah ini yang berlangsung selama lima hari dari tanggal 11 – 15 Juli 2022 dibuka dengan upacara bendera yang dipimpin oleh kepala SMAK Santo Paulus Jember, Br. Yohanes Suparno, S.Pd. dan diikuti oleh seluruh murid kelas X sampai dengan kelas XII. Para murid menikmati keseruan kegiatan masa pengenalan lingkungan sekolah. Mereka tidak hanya mendapatkan materi-materi seperti visi-misi sekolah, tata tertib sekolah, kurikulum, bimbingan konseling, ekstrakurikuler, tim lomba, kesiswaan dan OSIS, serta lagu-lagu khas sekolah dan MOM, tetapi juga permainan dan dinamika kelompok. Terbatasnya interaksi para murid dengan teman-temannya akibat kebijakan belajar secara daring selama pandemi menjadi alasan kenapa panitia merancang permainan dan kegiatan dinamika kelompok. Lewat permainan, seperti tebak gerak dan gambar, estafet sarung, tarik tambang, serta dinamika kelompok; membuat name tag dan yel-yel bersama, para murid dapat memiliki kesempatan untuk mengenal dan semakin akrab dengan teman-teman mereka.

Sebagai tanda berakhirnya serangkaian kegiatan masa pengenalan lingkungan sekolah, Perayaan Misa Awal Tahun Pelajaran pun diselenggarakan pada hari Sabtu, 16 Juli 2022 secara luring di GOR SMAK Santo Paulus. Perayaan Misa Awal Tahun Pelajaran yang diikuti oleh seluruh murid, para guru dan karyawan SMAK Santo Paulus Jember berlangsung dengan khidmat. Pertemuan pertama para murid bersama wali kelas mereka juga berjalan lancar. Kegiatan belajar mengajar Tahun Pelajaran 2022/2023 pun dimulai. Selamat berproses di SMAK Santo Paulus dengan semangat baru, para murid terkasih!

Penulis: Helena Yuniwati S., S.Pd.