Simulasi Kerja ANBK Kelas XI

Halo SaintPaulers, bagaimana kabarnya? Tahukah kalian apa itu ANBK?

Melansir dari situs resmi Kemendikbud, ANBK atau Asesmen Nasional Berbasis Komputer adalah program evaluasi yang diselenggarakan oleh Kemdikbud untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan memotret input, proses dan output pembelajaran di seluruh satuan pendidikan. ANBK dibagi menjadi tiga instrumen, yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) yang mengukur tingkat literasi dan numerasi, survei karakter, dan survei lingkungan belajar. Hasil ANBK tidak memberikan pengaruh secara langsung kepada sekolah. Melainkan sebagai indikator pemetaan dasar untuk mengukur kualitas pendidikan di lapangan.

Pelaksanaan ANBK akan dijalankan hari Rabu dan Kamis tanggal 30 Agustus 2023 s.d 31 Agustus 2023. Pelaksanaan ANBK juga terbagi menjadi 3 sesi, yaitu sesi 1 jam 07.00 s.d 09.40; sesi 2 jam 10.40 s.d 12.50; dan sesi 3 jam 14.30 s.d 16.30. Setiap sesi juga dibagi waktunya menjadi latihan selama 10 menit, literasi/numerasi selama 1 jam 30 menit, dan survei selama 30 menit.

Simulasi ANBK yang dijalankan hari Rabu (23/8) dan Kamis (24/8) bertujuan agar para murid bisa mempersiapkan diri untuk pelaksanaan ANBK sebenarnya. SMAK Santo Paulus diwakili oleh 45 murid kelas 11 yang terpilih dan 5 murid cadangan. Pelaksanaan ANBK bertempatan di ruang Sinematografi. Pada hari pelaksanaan ANBK, para murid akan diawasi oleh pendidik atau tenaga kependidikan yang berasal dari satuan pendidikan lain yang melaksanakan asesmen nasional.

Salah satu murid dari kelas XI MIPA 1 yang bernama Jesslyn Callysta terpilih menjadi peserta  yang akan mengikuti ANBK tahun ini. Jesslyn mengaku cukup kaget sebab namanya tertera sebagai peserta ANBK. Selain itu, timbul juga rasa syukur yang ia rasakan karena bisa mengikuti tes yang tidak semua murid kelas XI jalankan. Jesslyn mengaku hanya belajar dari internet dan buku saja saat simulasi dijalankan. Ia juga berharap dengan adanya simulasi ini dapat membantunya untuk lebih siap lagi untuk menghadapi tes yang sebenarnya. Jesslyn punya pesan penting bagi murid kelas XI yang memiliki nasib sama seperti dirinya, “Kalau panik karena terpilih sebagai peserta ANBK, nanti tertekan. Syukurin aja, biar gak jadi beban pikiran.”

Nah bagi SaintPaulers kelas XI yang mengiikuti ANBK, semangat ya! See you di artikel berikutnya.

Jurnalis:

Patricia Danella Damayanti Kelas X IPS 1/ 22

Viona Valencia Kelas X MIPA 4/ 27

Foto:

Patricia Danella Damayanti Kelas X IPS 1/ 22

Robbi Fadli Ariseto Kelas X MIPA 4/ 24