Petuah Kepala Sekolah dalam MPLS 2021-2022

Selasa, 13 Juli 2021 merupakan hari kedua pelaksanaan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) di SMAK Santo Paulus Jember. Aplikasi zoom masih menjadi pilihan pihak sekolah untuk bertemu dengan para murid baru. Situasi pandemi yang juga tidak kunjung membaik membuat sekolah terus berkreasi agar esensi dari pelaksanaan MPLS tetap tersampaikan kepada para murid baru.

Beberapa hal penting seperti pengenalan lingkungan melalui tayangan video, informasi tentang sistem pembelajaran, berbagai fasilitas pembelajaran sekolah, visi dan misi sekolah, serta perkenalan segenap guru dan karyawan merupakan beberapa hal yang disampaikan kepada para murid baru SMAK Santo Paulus. Meski pelaksanaan MPLS dilakukan secara daring melalui aplikasi zoom, para murid dikondisikan sedemikian rupa agar merasakan hal yang sama saat pelaksanaan secara normal.

Kepala sekolah SMAK Santo Paulus, Rm. Antonius Denny Cahyo S., S.S., M.Sc., M.Pd. dalam satu sesi materi visi dan misi sekolah mengutarakan pesan serius kepada para murid baru. Beberapa hal penting tersebut yakni terkait dengan berbagai bentuk literasi, karakter, dan kompetensi. “Sebagai pelajar, harus rajin membaca buku, harus mencintai lingkungan, dan cinta kepada Indonesia,” ujar Rm.Denny saat memberikan materi kepada para murid baru.

Kepala sekolah menegaskan kepada para murid baru untuk memiliki berbagai keterampilan dalam bidang literasi. Mulai dari literasi pustaka, literasi digital, literasi ekologis, dan literasi budaya. Kepala sekolah sangat menekankan terkait berbagai jenis literasi tersebut. Para murid diminta untuk rajin membaca buku, menguasai teknologi, mencintai lingkungan, dan mencintai budaya Indonesia sebagai bekal dalam masa depan.

“Kalian harus mengajukan pertanyaan-pertanyaan kritis saat proses pembelajaran nanti. Buat para guru berpikir dengan pertanyaan-pertanyaan kritis,” pesan Romo Denny yang bertujuan agar para murid memiliki kebiasaan bertanya saat proses pembelajaran. Selain itu, integritas atau kejujuran juga menjadi hal penting yang ditekankan oleh kepala sekolah.

Selamat bergabung para murid baru di SMAK Santo Paulus Jember. Selamat menjalani proses pendidikan di jenjang SMA bersama SMAK Santo Paulus.