Menerima Hasil Belajar Via Daring

Proses belajar mengajar di SMAK Santo Paulus Jember telah berakhir pada tanggal 9 Juni 2020. Agenda terakhir dari proses belajar mengajar yakni pembagian hasil belajar secara daring. Untuk pertama kalinya SMAK Santo Paulus  menerimakan hasil beljar secara daring. Hal ini masih terkait situasi pandemi virus korona yang belum berakhir.

Secara teknis, pihak sekolah telah menyiapkan sistem satu pintu yakni melalui aplikasi STIMULUS. Melalui aplikasi ini, para murid kelas X dan XI dapat mengakses dengan memasukkan kata sandi yang dimiliki oleh masing-masing murid. Mulai pukul 09.00 WIB tanggal 20 Juni 2020 para murid sudah bisa mengakses aplikasi dan dapat melihat serta mengunduh hasil belajar selama satu semester.

Aplikasi secara tersistem telah mengatur beberapa murid tidak akan dapat melihat rapor karena beberapa persyaratan yang belum diselesaikan. Di antaranya, murid yang belum mengembalikan peminjaman buku di perpustakaan sekolah, masih memiliki tanggungan keuangan (SPP), dan nilai mata pelajaran tidak tuntas dipastikan belum bisa melihat hasil belajar. Murid harus menghubungi wali kelas untuk proses klarifiaksi dan penyelesaian.

Pembagian rapor semacam ini merupakan bentuk adaptasi dan kreativitas dari perkembangan zaman dan situasi pandemi. “Kami ingin terus kreatif dan mengembangkan sistem demi kelancaran proses belajar,” ungkap kepala SMAK Santo Paulus Jember, Rm. Antonius Denny Cahyo S., S.S., M.Sc., M.Pd. Hal ini juga mendapat respon positif dari beberapa murid. “Lebih efisien, tertib, dan aman,” ungkap Chaterine Chezia yang tahun ajaran berikutnya sudah duduk di kelas XII.

            Vanessa Louise Paramban dari kelas XI IPS 2 juga  memiliki cerita terkait pembagian rapor daring. “Bagi saya yang penting nilainya sih. Mau langsung atau daring sama saja, nilai yang utama,” cerita Vanessa beberapa jam setelah menerima hasil belajar.

            Semoga hasil belajar yang dicapai mampu memacu semangat belajar teman-teman pada tahun ajaran baru nanti. Sukses dan sehat selalu.

Penulis: Tim Jurnalistik SMAK Santo Paulus Jember