Memilah Sampah Menghasilkan Keuntungan

Mungkin kalian ada yang bertanya-tanya, apa sih yang dilakukan Bu Dina dan sebagian murid di Gazebo sepulang sekolah? Kegiatan rutin ini dinamakan Bank Sampah. Setiap murid diperbolehkan untuk menyetor sampah-sampah mereka di sini. Anak-anak yang terlibat di bank sampah ini berasal dari kelas X dan XI. Mereka bahkan membentuk sebuah grup yang dinamakan Saint Paul Greeners di salah satu media sosial WhatsApp. Kegiatan cinta lingkungan ini, dilakukan pada hari Senin dan Rabu di gazebo depan XII IPS 1. Namun, tidak menutup kemungkinan kegiatan tersebut dilakukan di hari lain.

            Bu Dina, selaku penggerak aktivitas ini, memberikan edukasi terhadap sebagian murid tentang bagaimana memilah sampah. Melalui kegiatan ini, diharapakan para murid dapat menumbuhkan kebiasaan tentang bagaimana memperlakukan sampah dengan tepat. Melalui edukasi ini, nantinya sampah-sampah ini akan ditimbang dan langsung disetor kepada pengepul. Hasil dari penjualan sampah tersebut, diberikan kepada murid yang menyetor sampah. Sehingga, manfaat lain dari adanya bank sampah yaitu murid diajarkan semangat menabung. Lebih dari itu, kegiatan ini bukan semata-mata hanya untuk mendulang rupiah dari sampah, tetapi lebih pada tanggung jawab dengan sampah-sampah yang kita hasilkan.

            “Bank sampah ini bisa dibilang kegiatan yang cukup menarik dan bermanfaat. Namun sayang, kegiatan ini jarang diumumkan terutama dari central. Coba  kalau sering diumumkan saat sebelum dan selesai kegiatan pembelajaran, pasti lebih banyak orang yang memperhatikan dan tergabung di kegiatan ini,” ujar Angel N. kelas X MIPA 1/1.

            Lewat kegiatan satu ini, banyak manfaat yang didadapatkan. Tak hanya manfaat bagi pelaku, namun juga bagi orang lain dan terutama lingkungan sekitar. Selain kegiatan bank sampah, masih banyak kegiatan lain yang berhubungan dengan lingkungan dibagikan dalam grup Saint Paul Greeners. Oleh karena itu, Bu Dina selaku penggagas gerakan ini mengharapkan setiap murid dapat terlibat dalam kegiatan lingkungan. Semakin banyak yang terlibat, akan semakin banyak pula manfaat yang dirasakan. Selagi kita bisa, lakukanlah hal terbaik untuk bumi kita tercinta, semangat! Karya : Lidya V.G. ( XI MIPA 2/17 )