Melewati Ulangan Harian Blok

Setelah delapan hari melaksanakan ulangan harian blok, para murid kembali ke pembelajaran jarak jauh secara normal. Sejak hari Rabu, 23 September 2020 sampai 1 Oktober yang lalu, SMAK Katolik Santo Paulus melaksanakan uji pemahaman kepada seluruh murid kelas X, XI, dan XII secara daring. Menggunakan sistem sekolah STIMULUS, para murid mengikuti ulangan blok sebagai ujian atas materi yang telah dipelajari.

“Baru pertama kali ujian seperti ini, jadi sedikit grogi,” ungkap Jocelyn, murid kelas X IPS 5 yang baru pertama kali ujian menggunakan sistem dari sekolah. Kekhawatiran Jocelyn juga dirasakan oleh sebagian besar murid kelas X yang memang baru menjalani masa-masa awal di SMAK Santo Paulus. Namun demikian, panitia UH Blok telah mempersiapkan sistem ulangan satu bulan penuh. “Saya masih sering khawatir jika ada kendala saat ujian, tapi syukurlah semua berjalan lancar,” ungkap Petrus Budi Ekoprasetiyo, S.E., selaku programer sekolah.

Secara teknis, tim teknologi dari sekolah yang diketuai oleh Pak Petrus, telah menyiapkan ujian dengan sangat matang. Hal ini terbukti dari setiap kendala yang dialami selalu mendapat respon cepat dari orang-orang yang berada di balik layar selama ujian. Tercatat, lima orang karyawan dipilih untuk siap sedia memantau setiap kelas selama ujian. Para karyawan yang bertugas sebagai proktor ini harus berada di depan komputer untuk memastikan para murid mengikuti ujian dengan lancar. “Secara pribadi menjadi proktor dapat memberikan pengalaman baru. Selain itu, belajar untuk fokus dan menguji kesabaran,” ungkap Aloysius Ade Chrisvandoyo salah seorang proktor.

Mulai hari ini, tanggal 2 Oktober 2020, para murid kembali melaksakan pembelajaran daring secara normal. Murid kembali mengakses pembelajaran melalui STIMULUS. Ketua panitia, ulangan blok, Wahyu Dwi Arianto, S.Pd. juga merasa lega ujian dapat berjalan lancar. “Hari ini masih ada susulan untuk para murid yang izin selama masa ujian,” ungkap Bapak Wahyu. Ujian telah selesai, akan ada lagi ujian berikutnya, tetap jaga semangat belajar untuk para murid SMAK Santo Paulus.

Penulis: Tim Jurnalistik SMAK Santo Paulus Jember