Upaya Menigkatkan Pemahaman Konsep Matematika Melalui Metode Proses Pembuktian Rumus Matematika Bagi Murid SMA.

Salah satu usaha guru matematika untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika kepada murid jenjang SMA, menurut saya adalah menerapkan “Metode Proses Pembuktian Rumus Matematika” yang rumusnya sering digunakan dalam menyelesaikan soal matematika. Dalam proses pembuktian rumus matematika ada banyak hal dapat diungkapkan oleh murid terkait dengan rumus yang akan dibuktikan melalui pertanyaan-pertanyaan pancingan oleh guru untuk membimbing murid menemukan pembuktikan rumus matematika . Selama proses pembelajaran guru dapat sekaligus menilai muridnya dalam tiga aspek yaitu kognitif, afektif dan psikomotor. Rumus jarak titik ke garis suatu rumus yang familiar bagi murid jenjang SMA karena sering digunakan dalam menyelesaikan soal yang terkait soal materi lingkaran, untuk menghitung jarak titik pusat lingkaran terhadap garis yang menyinggung lingkaran. Pengamatan saya rumus jarak titik ke garis dalam buku-buku matematika jenjang SMA sering ditemukan dalam pokok bahasan lingkaran, tetapi jarang ada penulis menuliskan pembuktian rumus jarak titik ke garis dalam bukunya. Disini saya menyajikan cara membuktikan rumus jarak titik ke garis sebagai referensi bagi bapak/ibu guru matematika SMA yang tertarik untuk mempelajari/mengajarkan pembuktian rumus jarak titik ke garis. (Mungkin ini bukan satu-satunya cara dan dimungkinkan bapak/ibu punya ide yang berbeda untuk pembuktian rumus tersebut) Terimakasih. Salam Guru Matematika. Download artikel bukti rumus jarak ke garis.