Berlatih Menjadi Entrepreneur di Ajang SPF

Bazar kelas menjadi kegiatan yang tak terpisahkan dari ajang tahunan Saint Paul Festival. Gelaran Saint Paul Festival sendiri rutin digelar setiap tahun yang digagas oleh OSIS SMAK Santo Paulus. Pada gelaran SPF tahun 2019 kali ini, OSIS juga masih membuka kesempatan kepada setiap kelas untuk “berjualan” selama pertandingan berlangsung. Sejak resmi dibuka pada tanggal 4 Oktober lalu, setiap kelas secara bergantian turut meramaikan pertandingan basket dan futsal antar-SMP dalam ajang SPF dengan berbagai menu makanan dan minuman yang dijajakan.

Kesempatan ini tentu tidak disia-siakan oleh kelas yang sedang mendapat giliran membuka stan berbagai makanan dan minuman. Seperti yang dilakukan oleh kelas XI IPS 1 saat menjajakan berbagai menu makanan dan minuman. Mereka menyiapkan menu dan nama-nama menu dengan kreatif untuk memikat pembeli. Sebut saja menu Bhucin Shetan alias Bumi Cincau Susu Putih Kental Manis dan Bucin Mesir alias Bumi Cincau Merah Sirup. Ada juga nama-nama menu lain seperti Es Ordinary Pocebar milik kelas XI IPS 2, dan menu yang nyeleneh karya kelas XI IPS 4, PisCok alias Pisang Cokelat. Wah ada-ada saja ya mereka. Tapi yang pasti, semua merupakan ajang unjuk kreativitas dan mengasah jiwa-jiwa entrepreneur.

Awalnya ribet juga sih karena harus mikir mau buat menu apa. Belum lagi bingung menentukan harga yang cocok dengan calon pembeli,” ujar Sheren Regina Wungkana dari kelas XI IPS 2. Meski banyak kelas yang kebingunan saat persiapan, namun pada akhirnya banyak kelas yang merasakan keuntungan dari hasil berjualan. “Kelas kami mendapat keuntungan sekitar satu juta,” ujar Chezia, dari kelas XI IPS 4. Meski terkadang harus membagi waktu dengan belajar, namun mereka tidak main-main dalam menyiapkan bazar kelas. “Kelas kami menyiapkan sampai jam sembilan malam. Kami juga promosi menu di berbagai media sosial,” cerita Kezia Keren Sutejo, dari kelas XI IPS 1. Buat yang penasaran bisa berkunjung ke SMAK Santo Paulus untuk menonton pertandingan di ajang SPF sambil menikmati berbagi menu kreasi kelas murid-murid SMAK Santo Paulus. Gelaran SPF masih berlangsung hingga 19 Oktober nanti. So, tunggu apa lagi.

(Tim Jurnalistik SMAK Santo Paulus Jember)