Website Resmi SMA Katolik Santo Paulus Jember

SMA Katolik Santo Paulus Jember

Selamat datang di website SMA Katolik Santo Paulus. Sekolah ini hadir sebagai sekolah unggul di kota Jember. Tradisi pendidikan Katolik yang kaya akan nilai dan mutu mewarnai seluruh proses pembelajaran di  SMA Katolik Santo Paulus.  Tahun 2010 ini, Santo Paulus genap berusia 59 tahun, usia yang tidak terlalu muda dalam lingkup dunia pendidikan di kota Jember. Saat ini  Santo Paulus telah melengkapi diri dengan sistem teknologi dan menejemen terkini, baik untuk sistem pembelajaran maupun sistem administrasinya. Dalam usaha menyediakan menejemen mutu yang akuntabel, Santo Paulus sedang menyiapkan diri untuk memperoleh sertifikat ISO 9001:2008. Kelengkapan dokumen dan kejelasan prosedur proses kegiatan ditata sedemikian rupa sehingga dapat dipertanggungjawabkan dan dapat dinilai. Audit internal maupun eksternal dilakukan secara cermat. Berbagai kerjasama dengan pihak luar juga semakin ditingkatkan. Semuanya ini dilakukan untuk meningkatkan mutu di setiap lini dalam proses pendidikan dan pembelajaran di sekolah ini.

DEBAT CALON KETUA OSIS YANG MENDEBARKAN

Selasa (21/11/2017)–Setelah Sabtu, 18 November 2017 para kandidat OSIS melakukan kampanye ke tiap-tiap kelas, hari ini Selasa, 21 November 2017 diadakan debat calon ketua OSIS. Debat ini diadakan di GOR SMAK dan diikuti oleh seluruh warga SMAK. Pada debat hari ini, keempat calon ketua OSIS, yaitu Jeniffer, Michelle, Bertrand , dan Michael, kembali mengkampanyekan visi dan misi serta kegiatan unggulan mereka. Selain itu, juga diadakan debat antar kandidat yang dipandu oleh Della (anggota OSIS lama). Para kandidat saling memberikan pertanyaan berkenaan dengan visi misi mereka. Selain itu, para juri yaitu Bapak Octo, Bapak Guntur, dan Bapak Miko juga turut memberikan pertanyaan kepada para kandidat. Keempat kandidat berusaha menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diberikan kandidat lain maupun pertanyaan dari juri dengan sebaik mungkin. Bahkan, saat debat telah selesai, Bertrand Cleviandro, sebagai kandidat nomor 3 mengaku deg-deg-an selama debat berlangsung. Semangat para kandidat! Majukan OSIS SMAK! (Della Kelas XI IPS4 dan Keiko Kelas X IPS2)

BERLATIH PADUAN SUARA

Jumat (17/11/2017)–Siang hari ini para murid Katolik SMAK Santo Paulus mengikuti latihan paduan suara gereja untuk penampilan di misa beberapa minggu ke depan. Latihan ini diadakan di aula SMAK Santo Paulus yang kebetulan merupakan tempat ibadah sementara karena Gereja Santo Yusuf sedang direnovasi. Latihan ini tidak hanya diikuti bagi murid katolik, murid non-katolik juga diperbolehkan mengikutinya. Meskipun latihan diadakan bertepatan dengan jam Katolisitas, kegiatan Katolisitas tetap berjalan seperti biasa walau ada beberapa murid yang mengikuti latihan ini (Helen Kelas XI IPS).

MENJADI CERMAT BERSAMA INTERNET

Kamis (16/11/2017)–Siapa yang pada zaman ini tidak membutuhkan sebuah fasilitas internet? Tentunya, banyak orang  membutuhkan interneti terutama bagi kalangan pemuda dan remaja yang tergolong generasi teknologi. Namun, teknologi diciptakan agar kita lebih selektif lagi. Maksudnya, kita boleh saja menggunakan internet tetapi kita menggunakannya untuk tujuan yang positif, bukan malah menyalahgunakannya. Kali ini, 16 November 2017, sekolah kita kedatangan tamu dari Telkom Indonesia yang ada di Kota Jember. Tujuan pihak telkom datang ke sekolah kita adalah untuk melakukan sosialisasi tentang pentingnya internet beserta manfaatnya dan tentang cara berlangganan wifi bagi yang berminat.

Dari informasi yang disampaikan oleh pihak telkom, murid-murid SMAK Santo Paulus dapat menambah informasi tentang bagaimana internet di masa sekarang dan supaya kita dapat memanfaatkan dan menghemat biaya dalam penggunaan internet. Telkom juga menawarkan beberapa program dan fasilitas untuk menghemat biaya internet namun dengan kecepatan akses yang sudah maksimal. Hanya dengan tarif Rp 35.000,00/bulan, kita sudah bisa mengakses internet dengan cepat, yaitu dengan kecepatan 100 Mbps. Selain itu, pihak telkom juga mengadakan sesi tanya jawab. Bagi para siswa yang aktif bertanya tentang materi yang sudah dipresentasikan oleh pihak telkom, mereka akan mendapatkan voucher gratis. Lalu, tunggu apa lagi? Mari kita jbentuk sebuah generasi yang berkualitas melalui pemanfaatan teknologi dan internet secara positif! (Nathasha Kelas XI IPS)

LOMBA RESENSI ANTARKELAS

Jumat (10/11/2017), Perpustakaan SMAK Santo Paulus mengadakan kegiatan lomba menulis resensi buku perpustakan 2017. Untuk tahun ini, tema yang diangkat adalah “Menuju Indonesia Cerdas melalui Buku Sang Sumber Ilmu”. Sebenarnya, proses lomba ini sudah dimulai sejak bulan lalu. Dari sekian banyak peserta yang mengikuti lomba resensi, Perpustakaan SMAK Santo Paulus Jember hanya memilih enam resensi yang dianggap paling baik di antara yang baik. Kriteria penilaian lomba resensi untuk hari ini dilihat dari kemahiran mereka dalam berpresentasi. Keenam orang yang terpilih sebagai pemenang lomba resensi ini adalah  Jeremy Lovendianto Kelas XI IPA 2 sebagai Juara 1, Shandra Bella R. Kelas XI IPA 2 sebagai Juara 2, Samuel Eluzai Y.  Kelas XI IPA 2 sebagai Juara 3, Felicia A.H. dari Kelas XII IPA 4 sebagai Juara Harapan 1, Michael Sthepanus R. Kelas XII IPA sebagai Juara Harapan 2, dan Melisa Sidharta dari XI IPS 5 sebagai Juara Harapan 3. Proficiat kepada para pemenang. Bagi yang belum mendapatkan juara, tetap semangat ya, kawan-kawan!!! (Keiko Kelas X IPS 2).

MARI KITA JUNJUNG TINGGI KEDISIPLINAN

Kamis, 2 November 2017 – SMAK Santo Paulus merupakan sekolah yang menjunjung tinggi kedisiplinan. Murid-murid SMAK selalu dilatih untuk  disiplin dalam segala hal. Seperti biasanya, hari ini  seluruh warga sekolah wajib datang sebelum jam 06.55 pagi. Saat bel masuk berbunyi, salah satu guru atau staf SMAK Santo Paulus langsung menutup gerbang sekolah. Mari kita berlatih untuk menjadi pribadi yang disiplin dalam segala hal! (Jessica Stephanie Wijaya kelas XIA2)

BELAJAR ‘FUNGI’ MELALUI KEGIATAN MEMASAK

Rabu, 1/11/2017 – Hari ini, jam pelajaran ke-6 hingga ke-8 adalah jadwal pelajaran Biologi. Uniknya, di pelajaran ini, murid diajak untuk belajar Fungi dengan kegiatan memasak.  Para murid memasak berbagai macam menu yang di dalamnya harus mencakup ‘fungi’. Berbagai jenis makanan dan jenis jamur yang digunakan. Selain memasak, di sepanjang kegiatan memasak, murid diminta untuk memisahkan sampah organik dan anorganik ke tempat sampah kecil yang telah disediakan di dekat masing-masing meja masak. Hal ini tentu dengan tujuan untuk menghindari adanya kerusakan lingkungan.  Kegiatan praktikum Biologi kali ini sangat membantu siswa untuk lebih kreatif, dan bekerjasama karena dibagi dalam kelompok (M. Agatha / X IPS 4)

YUK LOMBA!!

Senin, 30 Oktober 2017 – Hari ini 16 siswa SMAK Santo Paulus mengikuti pelatihan menulis essai yang dilanjutkan dengan lomba menulis dalam rangka bulan bahasa. Kegiatan bertema “Indonesia Menulis” yang diselenggarakan oleh Fakultas Ilmu Budaya Universitas Jember ini diikuti sekitar 500 siswa SMA se-Jawa Timur. Pemateri yang diundang untuk memberikan pelatihan adalah Dr. Herawati, S.S., M.A. dan Drs. Yani Paryono, M.Pd. Seluruh siswa SMAK yang hadir mengikuti pelatihan dan lomba dengan baik. (Jessica Stephanie Wijaya/XIA2)