PENERIMAAN MURID BARU 2017/2018

pmb-smak-st-paulus-jember

 

Website Resmi SMA Katolik Santo Paulus Jember

SMA Katolik Santo Paulus Jember

Selamat datang di website SMA Katolik Santo Paulus. Sekolah ini hadir sebagai sekolah unggul di kota Jember. Tradisi pendidikan Katolik yang kaya akan nilai dan mutu mewarnai seluruh proses pembelajaran di  SMA Katolik Santo Paulus.  Tahun 2010 ini, Santo Paulus genap berusia 59 tahun, usia yang tidak terlalu muda dalam lingkup dunia pendidikan di kota Jember. Saat ini  Santo Paulus telah melengkapi diri dengan sistem teknologi dan menejemen terkini, baik untuk sistem pembelajaran maupun sistem administrasinya. Dalam usaha menyediakan menejemen mutu yang akuntabel, Santo Paulus sedang menyiapkan diri untuk memperoleh sertifikat ISO 9001:2008. Kelengkapan dokumen dan kejelasan prosedur proses kegiatan ditata sedemikian rupa sehingga dapat dipertanggungjawabkan dan dapat dinilai. Audit internal maupun eksternal dilakukan secara cermat. Berbagai kerjasama dengan pihak luar juga semakin ditingkatkan. Semuanya ini dilakukan untuk meningkatkan mutu di setiap lini dalam proses pendidikan dan pembelajaran di sekolah ini.

AKHIR DARI KEGIATAN MOM

MOM3

Kamis, 20 Juli 2017 merupakan hari ke-3 sekaligus hari terakhir MOM di SMAK Santo Paulus. Kegiatan MOM hari ini berbeda dengan hari sebelumnya. Hal yang membedakan yakni adanya kegiatan outbond yang sangat menyenangkan. Outbond ini diadakan supaya hubungan antara satu peserta MOM dengan peserta lain dapat terjalin dengan baik serta menumbuhkan rasa solidaritas yang tinggi. Namun, sebelum outbond ada ibadah terpimpin yang dilakukan di tiap-tiap kelas. Setelah melakukan ibadah terpimpin, barulah peserta bersiap-siap untuk outbond.

Outbond berlangsung sekitar dua jam dengan durasi waktu 10 menit pada tiap pos. Ada 10 pos dengan permainan yang berbeda-beda, di antaranya yaitu: spons, pipa bocor, pengetahuan umum, lingkaran berbelit, dan lain-lain. Peserta MOM mengikuti oubond dengan gembira sebab bukan sembarang permainan. Pada tiap permainan ada makna dan tujuannya. Selama outbond, peserta MOM diwajibkan untuk menyanyikan yel-yel kelompok sebelum bermain pada tiap pos. Dengan begitu, semangat mereka untuk bermain semakin terpacu.

Awal kegiatan MOM 2017 telah dibuka oleh Romo Denny selaku kepala sekolah SMAK Santo Paulus Jember pada hari Senin lalu. Maka dari itu, ujung acara MOM 2017 ini Romo Denny juga yang menutup kegiatan MOM 2017 di SMAK Santo Paulus. Tak lupa juga sebelum pulang, peserta MOM dengan seluruh panitia menyanyikan seluruh lagu-lagu MOMdan bersalam-salaman dengan seluruh panitia MOM. Dengan begitu, kegiatan MOM tahun 2017 telah berakhir dan peserta MOM telah resmi menjadi murid SMAK Santo Paulus tahun ajaran 2017/2018. Selamat bergabung menjadi warga SMAK Santo Paulus bagi murid tahun ajaran 2017/2018! (Lysia dan Axel Kelas XII IPA)

MOM DI HARI KEDUA

Rabu (19/07/2017)–Acara MOM masih berlanjut. Hari ini adalah hari kedua MOM 2017. Seperti biasa, peserta MOM 2017 memasuki aula terlebih dahulu untuk checklist bersama kakak tutornya masing-masing. Pada saat apel pagi, 10 peserta diberi kesempatan untuk memimpin gerakan di depan dan tentunya diberi poin plus sebagai penghargaan atas keberaniannya.
Acara hari ini banyak diisi dengan materi materi yaitu materi visi dan misi sekolah yang dibawakan oleh Romo Denny, materi BK yang dibawakan oleh Bu Imma, materi kesiswaan yang dibawakan oleh Bu Elly, dan materi OSIS yang dibawakan oleh Pak Donny, dan materi kurikulum dibawakan olek Pak Eko.
Disela sela materi, MC mengadakan ice breaking agar para peserta tidak terlalu bosan. Ice breakingnya yaitu tentang harga-harga dan mencari orang sejumlah harga yang disebutkan oleh MC. Peserta yang cewek diberi harga 1000 sedangkan yang cowok diberi harga 500. Keseruan dirasakan oleh para peserta dan para panitia yang lain.
Acara MOM hari ke-2 ini berjalan dengan baik sesuai harapan. Semoga besok hari terakhir MOM ini juga dapat berjalan dengan baik karena besok agendanya yaitu outbond (Shella Kelas XII IPA).

HARI PERTAMA MOM: SERUNYA MAKIN TERASA!!

mom4mom3
Selasa (18/07/2017) merupakan hari pertama MOM di SMAK Santo Paulus Jember. Kegiatan MOM hari ini berjalan dengan lancar sesuai dengan rencana. Kegiatan MOM hari ini diawali dengan upacara bendera dalam rangka pembukaan Masa Orientasi Murid  2017 sekaligus penyerahan atribut MOM kepada kedua perwakilan peserta MOM. Upacara bendera diikuti seluruh peserta MOM, panitia MOM serta Bapak/Ibu guru dan karyawan SMAK Santo Paulus Jember.
Jadwal kegiatan hari ini cukup menyenangkan yaitu  perkenalan guru dan panitia MOM, tour sekolah, membuat komik seputar ekstrakurikuler, dan materi tentang Tim Lomba sekolah SMAK Santo Paulus yang disampaikan oleh Bu Dina selaku koordinator Tim Lomba sekolah serta Randy Stefan murid SMAK Santo Paulus yang masuk ke OSN mata pelajaran Fisika.
Hari ini, para peserta MOM mulai membuka diri mereka dan menunjukkan sikap serta ekspresi mereka. Hal ini yang membuat suasa di hari pertama ini menjadi lebih meriah dari kemarin. Gerak dan lagu MOM yang sudah mulai dikuasai peserta menambah keceriaan hari ini.
Tour sekolah yang diadakan guna memperkenalkan lingkungan SMAK SANTO PAULUS JEMBER juga dimanfaatkan dengan baik oleh para peserta dengan bertanya secara aktif kepada para kakak tutor dan Bapak/Ibu guru yang bertugas. Kegiatan hari ini juga semakin seru dengan adanya pembuatan komik mengenai ekstrakurikuler yang ada di sekolah baru mereka. Kerja sama mereka juga dapat terbilang baik.
Satu hal unik yang menjadi penutup rangkaian kegiatan hari ini adalah kejutan bagi salah seorang peserta MOM yang sedang berulangtahun. Para panitia MOM memberikan surprise dan juga sekuntum bunga. Dengan melakukan MOM, peserta MOM diharapkan dapat lebih mengenal lingkungan sekolah dan mengenal teman – teman baru di SMAK SANTO PAULUS JEMBER. Semangat! (Lysia dan Axel Jeremmy Kelas XII IPA)

TECHNICAL MEETINGNYA SAJA SERU APALAGI MOM-NYA??

mom2mom1
Senin (17/07/2017)–Bagi murid-murid baru, hari ini merupakan technical meeting untuk MOM. MOM 2017  bertema ‘Splash Your Colour,  Fuse The Difference’.  Di hari pertama mereka masuk sekolah, para murid baru menggunakan seragam putih abu-abu sedangkan panitia MOM menggunakan seragam batik. Peserta maupun panitia memakai topi.
Peserta MOM 2017 disambut hangat oleh para panitia terutama para tutor. Para tutor akan mendampingi peserta MOM 2017 dari awal sampai akhir. Peserta MOM dibagi menjadi 23 kelompok yang masing-masing didampingi sepasang tutor. Di permulaan acara, kelompok MOM tersebut mencari tutornya dengan menjawab pertanyaan di kertas kecil yang telah diberikan sebelumnya dan mencari pasangan tutor yang memiliki jawaban tersebut. Asyik kan?
Kegiatan untuk hari Senin adalah melihat pameran ekstra dari Santo Paulus yang berupa barongsai dan gamelan dan dilanjutkan dengan materi ekstra yang dibawakan oleh Pak Wahyu; seluruh peserta diajak untuk foto satu angkatan; belajar lagu-lagu MOM; dan pelatihan PBB. Pelatihan PBB ini digunakan untuk petugas upacara besok hari pertama MOM dan sekaligus gladi bersih untuk upacara besok.
Bukan hanya itu saja lho. Di hari H-0 ini, para murid baru juga diberi kesempatan untuk menjalin hubungan yang lebih akrab dengan kakak-kakak tutornya dengan acara makan siang bersama. Selamat bergabung dengan keluarga besar SMAK Santo Paulus adik-adik semuanya… (Shella Kelas XII IPA)

SAINT PAUL MUSIC FESTIVAL

musik

Kamis (15/06/2017)–Unjuk kebolehan bakat dan talenta tidak hanya diperuntukkan bagi para olahragawan saja. SMAK Santo Paulus juga memfasilitasi unjuk kebolehan dalam hal seni. Hari ini merupakan puncak dari acara class meeting yakni Festival Musik yang menampilkan band dari setiap kelas maupun band dari ekstrakulikuler. Tak lupa juga ada penampilan dari ekstra dance. Setiap kelas berusaha untuk menampilkan band kelas dengan maksimal. Acara yang cukup nyentrik ini juga menghadirkan juri-juri hebat dan berkompeten di bidang musik, yakni Pak Jana, Pak Yul, dan Pak Wahyu. Untuk lomba band, kelas yang menjadi juara adalah kelas XI IPA3. Selamat untuk kelas XI IPA 3 (Yogis dan Samuel Kelas XI IPS).

OPEN HOUSE DI SMAK SANTO PAULUS JEMBER

CLASSMEETING PENGHILANG PENAT, PEMUNCUL SEMANGAT

FUTSAL

Rabu (14/06/2017)–Hari ini adalah hari kelima dari kegiatan classmeeting di SMAK Santo Paulus. Meski hari kelima, penat, lelah, dan loyo tak ditemukan pada setiap gerak-gerik murid-murid SMAK Santo Paulus. Semangat, kemauan yang keras, dan tekad untuk menang terlukis di setiap sorot mata mereka. Hal ini terlihat dari hingar bingarnya kondisi GOR saat lomba demi lomba olah raga digelar. Hari ini adalah final dari berbagai perlombaan olah raga. Untuk olah raga badminton, juara 1 diraih oleh kelas XI IPS1 sedangkan juara 2 diraih oleh kelas X IP3. Untuk olah raga basket, juara 1 diraih oleh kelas XI IPA2 sedangkan juara 2 diraih oleh kelas XI IPS1. Untuk olah raga futsal, juara 1 diraih oleh kelas X IPS5 dan juara 2 diraih oleh kelas XI IPS4. Acara final ini sangat seru karena secara tidak langsung kegiatan yang menyenangkan ini juga menguji kemampuan murid-murid SMAK Santo Paulus dalam hal berolah raga. Selamat bagi teman-teman yang sudah berhasil meraih juara. Bagi yang belum beruntung, jangan patah semangat ya karena masih banyak kesempatan untuk membuktikan kemampuan kalian semua.