PENERIMAAN MURID BARU 2017/2018

pmb-smak-st-paulus-jember

 

Website Resmi SMA Katolik Santo Paulus Jember

SMA Katolik Santo Paulus Jember

Selamat datang di website SMA Katolik Santo Paulus. Sekolah ini hadir sebagai sekolah unggul di kota Jember. Tradisi pendidikan Katolik yang kaya akan nilai dan mutu mewarnai seluruh proses pembelajaran di  SMA Katolik Santo Paulus.  Tahun 2010 ini, Santo Paulus genap berusia 59 tahun, usia yang tidak terlalu muda dalam lingkup dunia pendidikan di kota Jember. Saat ini  Santo Paulus telah melengkapi diri dengan sistem teknologi dan menejemen terkini, baik untuk sistem pembelajaran maupun sistem administrasinya. Dalam usaha menyediakan menejemen mutu yang akuntabel, Santo Paulus sedang menyiapkan diri untuk memperoleh sertifikat ISO 9001:2008. Kelengkapan dokumen dan kejelasan prosedur proses kegiatan ditata sedemikian rupa sehingga dapat dipertanggungjawabkan dan dapat dinilai. Audit internal maupun eksternal dilakukan secara cermat. Berbagai kerjasama dengan pihak luar juga semakin ditingkatkan. Semuanya ini dilakukan untuk meningkatkan mutu di setiap lini dalam proses pendidikan dan pembelajaran di sekolah ini.

RIANGNYA HARI TERAKHIR PAS

pas

Pagi ini, tampak ekspresi berseri-seri mewarnai wajah murid-murid SMAK Santo Paulus saat memasuki gerbang sekolah. Hal ini dikarenakan hari ini merupakan hari terakhir bagi mereka untuk mengikuti Penilaian Akhir Semester Ganjil.

Selasa (6/12/2016), murid kelas X baik IPA dan IPS mengikuti penilaian Biologi dan Penjaskes sedangkan murid kelas XI IPA mengikuti penilaian Kimia dan murid kelas XI IPS mengikuti penilaian Geografi. Murid kelas XII IPA dan IPS mengikuti penilaian Agama dan Bahasa Inggris. Tidak hanya itu, murid-murid SMAK Santo Paulus juga bersemangat dikarenakan esok hari merupakan classmeet day. Classmeet day adalah hari diadakannya lomba olah raga antarkelas. Mereka tampak sangat antusias dalam mempersiapkan hari esok bersama anggota kelasnya (Devon Ezra Lee Kelas XI IPA1).

HARI KE-7: SEMANGAT MENGAHADAPI PAS

7

Senin, 5 Desember 2016 merupakan hari ke 7 pelaksanaan PAS. Perjuangan murid SMAK Santo Paulus hampir selesai dalam menghadapi PAS yang tersisa 1 hari lagi. Tentunya mereka masih dibekali tekad dan semangat belajar untuk mencapai nilai yang maksimal. Seperti biasanya, para murid SMAK Santo Paulus belajar bersama teman-teman sambil menanti bel tanda PAS dimulai. Belajar bersama teman dapat menjadi sarana belajar yang menyenangkan karena dapat bertukar informasi sesama teman dan dapat membuat murid tidak bosan saat belajar. Bidang studi yang diuji pada hari ini adalah TIK dan Sosiologi untuk kelas X , Fisika untuk kelas XI IPA, Ekonomi untuk kelas XI IPS. Kelas XII baik IPA maupun IPS menjalani PAS Tataboga dan Biologi untuk kelas XII IPA sedangkan Geografi untuk kelas XII IPS. Semangat para murid SMAK Santo Paulus dalam menghadapi PAS ini tidak luntur meski PAS sudah berjalan seminggu. Hadapi PAS dengan lebih bersemangat lagi! (Rachellia XI-A2 dan Shelly XI-A4)

WEEKEND: SANTAI DULU …

weekend

Weekend kali ini sangat ditunggu-tunggu oleh para murid SMAK Santo Paulus. Mereka begitu menantikan saat weekend. Mengapa? Tentunya alasannya karena ingin bersantai sejenak dari lelahnya kegiatan UAS Semester Gasal. Banyak di antara mereka yang mengisi weekend dengan pulang ke rumah asalnya (bagi siswa-siswi yang ngekos), bermain game, berkumpul bersama teman-teman, dan lain sebagainya. Hal ini baik untuk mengistirahatkan otak tetapi jangan lupa untuk menyisihkan waktu belajar kita ya teman-teman. Masih ada 2 hari lagi untuk UAS. Tetap semangat! (Cindi Kelas XI IPA3).

HARI KE-5: PERJUANGAN BELUMLAH USAI

Jumat, 2 Desember 2016 merupakan hari ke-5 Penilaian Akhir Semester(PAS) di SMAK. Kegiatan PAS hari ini berjalan lancar seperti hari-hari sebelumnya. Murid tak ada bosannya untuk terus belajar karena ingin mendapatkan nilai yang maksimal. Mereka sibuk mempersiapkan PAS dengan belajar kelompok. Meskipun banyak bab yang harus dipelajari,  hal ini membuat murid pantang menyerah untuk terus belajar.

Jadwal PAS hari ini untuk kelas X IPA maupun IPS yaitu Fisika dan Desain grafis. Kemudian untuk kelas XI IPA yaitu Biologi dan XI IPS yaitu Sosiologi. Dan untuk kelas XII IPA yaitu Kimia dan Seni Suara sedangkan untuk XII IPS yaitu Ekonomi dan Seni Suara. Dengan begitu, murid  XI IPA maupun IPS dapat meninggalkan sekolah lebih awal yakni pukul 09.00 WIB  sedangkan yang lainnya pulang seperti biasa yakni pukul 11.00 WIB (Lisya dan Aurel Kelas XI IPA1).

MASUKI DESEMBER DENGAN PAS

pas-des

Awal bulan, tepatnya hari Jumat, tanggal 1 Desember 2016, murid SMAK Santo Paulus mengikuti PAS (Penilaian Akhir Semester) yang telah dimulai sejak hari Senin lalu. Mata pelajaran yang diujikan berbeda-beda untuk tiap angkatan. Untuk kelas 10, mata pelajaran yang diujikan adalah Bahasa Inggris dan PKn. Kelas 11 IPA mengikuti PAS Bahasa Jawa saja, sementara kelas 11 IPS mengikuti PAS Bahasa Jawa dan Sejarah. Sementara itu, kelas 12 mengikuti 2 macam PAS yaitu mata pelajaran Bahasa Indonesia dan Desain Grafis.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, PAS selalu diwarnai dengan kegelisahan murid-murid sehingga pada saat pagi maupun istirahat, banyak murid yang berkelompok untuk belajar bersama dan saling berbagi ilmu dengan teman baik dalam satu kelas maupun berbeda kelas. Hal ini sesuai dengan nilai yang ditanamkan oleh SMAK Santo Paulus yaitu persaudaraan. Dengan belajar bersama dan berbagi ilmu , kita belajar untuk saling tolong-menolong dan memahami arti kebersamaan (Tasya dan Shella Kelas XI IPA).

YUK KITA MEMPERSIAPKAN PAS

Hari ini (30/11/2016) merupakan hari ketiga pelaksanaan PAS ( Penilaian Akhir Semester) di SMAK Santo Paulus Jember. Sesuai jadwal PAS yang telah ditentukan, mata pelajaran yang diujikan hari ini yaitu Ekonomi dan Pendidikan Agama untuk kelas X,  Pendidikan Agama dan Seni Rupa Desain Grafis untuk kelas XI, dan untuk kelas XII mata ialah Matematika

Khusus untuk murid kelas XII hari ini hanya satu mata pelajaran yang diujikan. Jadi, para murid kelas XII diperbolehkan pulang setelah mengerjakan ujian yang selesai tepat pada pukul 09.00 WIB. Sedangkan murid kelas X dan XI ujian hari ini tetap dua mata pelajaran. Setelah mengerjakan ujian yang kedua, murid kelas X dan XI diperbolehkan pulang. Jangan lupa belajar untuk PAS besok ya! (Shella dan Nina Kelas XI)

DI HARI KEDUA PAS

pas2

Selasa (29/11/2016), hari kedua dalam UAS ini masih membuat para murid SMAK Santo Paulus tampak berapi-api. Berbagai ekspresi mewarnai wajah mereka saat memasuki gerbang sekolah pagi ini. Seperti biasanya, para murid datang ke sekolah lebih pagi untuk belajar bersama teman-temannya. Hari ini para murid kelas X baik IPA mau pun IPS mengikuti ujian Matematika dan Seni Suara sedangkan kelas XI IPA mau pun IPS mengikuti ujian Penjaskes dan Bahasa Indonesia, dan murid-murid kelas XII IPA mau pun IPS mengikuti ujian PKN dan TIK . Tetap semangat kawan! Masih tersisa 6 hari lagi untuk ujian semester gasal kita! (Cindi F. Kelas XI IPA3)