PENERIMAAN MURID BARU 2017/2018

pmb-smak-st-paulus-jember

 

Website Resmi SMA Katolik Santo Paulus Jember

SMA Katolik Santo Paulus Jember

Selamat datang di website SMA Katolik Santo Paulus. Sekolah ini hadir sebagai sekolah unggul di kota Jember. Tradisi pendidikan Katolik yang kaya akan nilai dan mutu mewarnai seluruh proses pembelajaran di  SMA Katolik Santo Paulus.  Tahun 2010 ini, Santo Paulus genap berusia 59 tahun, usia yang tidak terlalu muda dalam lingkup dunia pendidikan di kota Jember. Saat ini  Santo Paulus telah melengkapi diri dengan sistem teknologi dan menejemen terkini, baik untuk sistem pembelajaran maupun sistem administrasinya. Dalam usaha menyediakan menejemen mutu yang akuntabel, Santo Paulus sedang menyiapkan diri untuk memperoleh sertifikat ISO 9001:2008. Kelengkapan dokumen dan kejelasan prosedur proses kegiatan ditata sedemikian rupa sehingga dapat dipertanggungjawabkan dan dapat dinilai. Audit internal maupun eksternal dilakukan secara cermat. Berbagai kerjasama dengan pihak luar juga semakin ditingkatkan. Semuanya ini dilakukan untuk meningkatkan mutu di setiap lini dalam proses pendidikan dan pembelajaran di sekolah ini.

URUTAN PEMENTASAN LOMBA DRAMATISASI

Sabtu (25/3/2017)- Pada akhir minggu ini, urutan peserta lomba dramatisasi novel yang akan diadakan pada hari Jumat (31/3) dan Sabtu (1/4) telah diumumkan. Pengumuman ini diharapkan mampu mendongkrak semangat semua peserta untuk berlatih dan mempersiapkan penampilannya dengan matang. Demikian jadwal urutan pementasan dramatisasi novel:
DRAMA

AYO, SEMANGAT LAGI!!!

CIN
Masa liburan kelas X dan XI telah berakhir. Berbagai raut wajah diekspresikan oleh para murid, mulai dari senang, ceria, lesu, hingga kantuk. Hal ini menjadi tantangan bagi para guru untuk dapat membangkitkan mood para murid dalam proses pembelajaran. Jumat, 24 Maret 2017 Bapak Tri Nugroho selaku guru BK di SMAK Santo Paulus mengajar di kelas XI IPA 3. Beliau melihat raut wajah yang lesu di dalam kelas sehingga ia berinisiatif untuk berbagi kisahnya selama mengikuti live in di Panti Asuhan Regina Pacis. Pak Tri bercerita mengenai keseruan, kebersamaan, kekonyolan, dan solidaritas selama kegiatan live in. Para murid yang awalnya lesu kini menjadi ceria karena terhibur atas cerita yang disampaikan pak Tri. Selain pak Tri yang berusaha membangkitkan mood para murid dalam bersekolah, bu Rini sebagai guru kimia pun juga menyemangati murid-murid kelas XI IPA 3. Bu Rini menyampaikan bahwa masa-masa kelas XI tinggal dua bulan lagi, satu bulan untuk menempuh bab-bab yang harus diselesaikan dan satu bulan lagi untuk ujian akhir semester genap. Semangat teman-teman! Jangan biarkan malas menguasai kita (Cindi Kelas XI IPA3).

AYO BERJUANG KAWAN-KAWAN!!

Sejak hari Rabu, 15 Maret 2017 hingga Kamis, 23 Maret 2013, hasil belajar murid-murid kelas 12 selama belajar di SMAK Santo Paulus sedang diuji. Ujian berlangsung dimulai pukul 07.30 dan berakhir pada pukul 12.00. Berikut adalah jadwal Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) Tahun Pelajaran 2016/2017.
uas

Ujian Sekolah pun Dimulai

Tak terasa saat ini sudah memasuki pertengahan semester genap. Tiba saatnya bagi siswa siswi kelas XII mempertanggung jawabkan hasil belajar mereka selama 3 tahun di SMAK Santo Paulus dengan mengikuti ujian sekolah atau yang biasa disebut US.
Hari ini, Rabu (15/03/2017) tampak berbagai ekspresi mewarnai wajah siswa siswi kelas XII. Beberapa dari mereka memasuki gerbang sekolah dengan penuh antusias, beberapa juga ada yang nervous. Maklum, hari ini merupakan hari pertama bagi mereka dalam mengikuti US. Ujian hari ini dimulai pada pukul 07.30 dan diakhiri pada pukul 12.00. Siswa siswi kelas XII baik IPA maupun IPS hari ini serentak mengikuti ujian tata boga dan penjaskes .

KEMAMPUAN MURID DALAM MATA PELAJARAN SEJARAH DIUJI

rose

Senin (13/03/2017), kemampuan murid kelas 11 IPA 3 dalam mata pelajaran Sejarah diuji. Penilaiannya dilihat berdasarkan hasil presentasi, cara presentasi , dan kemampuan murid dalam hal bertanya dan menjawab. Kelompok presentasi dibentuk dan ditentukan langsung oleh Pak Yeremia. Setiap kelompok terdiri atas 3 sampai 4 murid. Presentasi ini ditentukan melalui undian setiap kelompok sedangkan materi presentasi adalah tentang pergerakan nasional pada masa penjajahan (Roseline Kelas XI IPA3).

TECHNICAL MEETING LOMBA DRAMATISASI

DRAMA]

Membaca adalah hobi yang sangat menyenangkan. Lantas, bagaimana dengan seseorang yang tidak hobi membaca? Apakah membaca masih bisa dikatakan menyenangkan?

Sabtu (11/3/2017)–SMAK Santo Paulus memiliki cara yang cerdas untuk mengajak para muridnya untuk membaca. Caranya yaitu dengan mengadakan perlombaan mendramatisasikan sebuah bab yang terdapat pada novel. Tentunya, sebelum dapat menciptakan drama yang menarik, setiap peserta lomba diwajibkan untuk membaca sebuah novel terlebih dahulu dan mengubahnya menjadi sebuah naskah drama.

Tema dalam perlombaan ini adalah “Ekspresikan Imajinasimu Melalui Buku”. Perlombaan ini diwajibkan bagi seluruh kelas X dan XI. Sehubungan dengan pelakasaan lomba, duta perpustakaan, selaku panitianya mengadakan Technical Meeting pada siang tadi. Technical Meeting dilaksanakan di ruang Perpustakaan. Tujuannya yaitu untuk memberi poin-poin penting seputar pelakasanaan lomba. Sukses semua untuk para peserta dan panitia!!! (Cindi Kelas XI IPA3)

MENGASAH KETERAMPILAN

SINEMA

Keterampilan adalah kata yang tepat untuk menggambarkan pelajaran Sinematografi. Pelajaran yang mengasyikkan ini mengacu pada keterampilan seseorang dalam berkarya. Seperti yang kita ketahui, pelajaran ini hanya diperoleh di kelas 11. Tentunya, dengan keasyikkan yang ditawarkan dalam mata pelajaran ini, banyak murid kelas 11 menyukainya.

Kali ini, seluruh murid kelas 11 mendapat tugas dari guru pengajar untuk membuat video pendek dengan durasi satu sampai dua menit. Tugas ini dibuat supaya murid dapat menerapkan materi pergerakan kamera yang sudah dijelaskan. Waktu yang diberikan cukup lama, yakni dua minggu. Tugas ini tidak dikerjakan secara individu melainkan per-kelompok sehingga memudahkan murid untuk mengerjakannya. Murid diharapkan dapat bekerja sama serta memanfaatkan waktu yang diberikan sebaik mungkin sehingga dapat mengumpulkan tugas dengan sempurna dan tepat waktu. Dengan demikian, mereka juga akan mendapatkan nilai yang memuaskan. Semangat kawan, semoga berhasil! (Lysia XI IPA 1)