PENERIMAAN MURID BARU 2017/2018

pmb-smak-st-paulus-jember

 

Website Resmi SMA Katolik Santo Paulus Jember

SMA Katolik Santo Paulus Jember

Selamat datang di website SMA Katolik Santo Paulus. Sekolah ini hadir sebagai sekolah unggul di kota Jember. Tradisi pendidikan Katolik yang kaya akan nilai dan mutu mewarnai seluruh proses pembelajaran di  SMA Katolik Santo Paulus.  Tahun 2010 ini, Santo Paulus genap berusia 59 tahun, usia yang tidak terlalu muda dalam lingkup dunia pendidikan di kota Jember. Saat ini  Santo Paulus telah melengkapi diri dengan sistem teknologi dan menejemen terkini, baik untuk sistem pembelajaran maupun sistem administrasinya. Dalam usaha menyediakan menejemen mutu yang akuntabel, Santo Paulus sedang menyiapkan diri untuk memperoleh sertifikat ISO 9001:2008. Kelengkapan dokumen dan kejelasan prosedur proses kegiatan ditata sedemikian rupa sehingga dapat dipertanggungjawabkan dan dapat dinilai. Audit internal maupun eksternal dilakukan secara cermat. Berbagai kerjasama dengan pihak luar juga semakin ditingkatkan. Semuanya ini dilakukan untuk meningkatkan mutu di setiap lini dalam proses pendidikan dan pembelajaran di sekolah ini.

PERSIAPAN PPS 2017

persiapan

Pada hari Sabtu, 21 Januari 2017 beberapa kelas mulai mempersiapkan persiapan Pesta Pelindung Sekolah yang diadakan secara besar-besaran, khususnya persiapan Mr & Ms Saint Paul 2017. Salah satunya yaitu kelas XI – IPA 2, mereka mulai mempersiapkan kostum yang akan digunakan oleh Mr & Ms saat perlombaan Mr & Ms Saint Paul 2017 pada tanggal 26 Januari 2017. Mereka berlomba-lomba untuk memenangkan perlombaan tersebut. Maka dari itu, mereka pun berusaha untuk membuat persiapan semaksimal mungkin.

Mereka memikirkan model baju yang akan digunakan sematang-matangnya, kemudian memikirkan bagaimana cara membuat kostum terlihat lebih indah. Selain itu, mereka juga memikirkan aksesoris apa yang akan digunakan. Mereka pun dengan kompaknya membuat bahan yang diperlukan untuk PPS 2017 mendatang. (Rachellia XI A2/29 & Roselin XI A3)

DISIPLIN, TEGAS, DAN TANGGUH

Kamis, 19 Januari 2017, SMAK Santo Paulus mengadakan kegiatan latihan paskibra untuk mempersiapkan upacara bendera pada hari Senin yang akan datang. Bukan hanya fisik ataupun kedisiplinan yang dilatih tetapi semangat juga dilatih pada hari ini. Latihan hari ini terlihat berbeda. Kegiatan ini dilaksanakan di GOR sekolah karena cuaca di luar sedang hujan. Meskipun begitu, murid Santo Paulus yang mengikuti paskibra  tersebut sangat berantusias sekali. Hal ini menunjukkan bahwa murid-murid anggota Paskib memiliki jiwa yang disiplin sekaligus tegas. Latihan paskibra memang melelahkan tetapi tidak ada satu pun murid yang me patah semangat dan mengeluh untuk berlatih. Kembangkanlah potensi apa yang kita punya agar kelak berguna bagi diri sendiri maupun orang lain (Johanes dan Irfan Kelas X IPS)

BELAJAR MENULIS ILMIAH

KTI
Karya tulis ilmiah atau yang biasa dikenal dengan singkatan KTI merupakan suatu karangan atau tulisan yang diperoleh sesuai dengan sifat keilmuannya dan didasari oleh hasil pengamatan, peninjauan, dan penelitian dalam bidang tertentu. Karya tulis ini disusun menurut metode tertentu dengan sistematika penulisan yang bersantun bahasa dan isinya dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya/keilmiahannya. Kegiatan penulisan KTI biasanya dilakukan pada saat kelas XII sebagai salah satu syarat untuk mengikuti ujian akhir semester namun kegiatan penulisan KTI tersebut juga dilaksanakan dikelas XI sebagai latihan agar dapat mengetahui bagaimana cara penulisan KTI yang baik dan benar.
Pada hari ini, kelas XIA2 melakukan kegiatan penulisan KTI. Penulisan tersebut sebagai tugas dari pelajaran bahasa indonesia yang dibimbing oleh bapak miko. Para murid boleh menggunakan hp atau laptop untuk membuat KTI dan mencari informasi atau sumber mengenai KTI yang ditulisnya. Pembuatan KTI ini tidak dalam kelompok melainkan perorangan. Setiap murid membuat KTI dengan topik yang berbeda tetapi dengan tema yang sama yaitu kebahasaan. Dengan belajar membuat KTI ini, para murid dapat mengetahui cara-cara penulisan KTI yang benar dengan memperhatikan EYD, format KTI, penulisan daftar pustaka, penulisan catatan kaki atau footnote, dan masih banyak lagi yang telah dipelajari sebelumnya (Clarisa Kelas XI IPA).

BELAJAR BIOLOGI

BU-DINA

Hari ini (17 Januari 2017), murid kelas XA1 mengakhiri kegiatan hari ini di sekolah dengan pelajaran Biologi. Pelajaran kali ini Ibu Dina meminta kami untuk mempresentasikan hasil diskusi masing-masing kelompok tentang tumbuhan (plantae). Presentasi ini melatih kami para murid untuk berani tampil dan berbicara di depan umum. Kami juga mengamati berbagai macam tumbuhan mulai dari lumut, tumbuhan paku, serta tumbuhan berbiji yang ada di taman SMAK. Dengan adanya pelajaran Biologi ini, kami bisa lebih mengenal dan menyatu dengan alam. Selain itu pengetahuan kami menjadi lebih luas tentang alam serta kami bisa menjaga alam dengan sebaik-baiknya (Viorent dan Viorrel Kelas X IPA).

 

SEDIA PAYUNG SEBELUM HUJAN

HUJAN

Siapa yang menyangka jika siang hari sepulang sekolah akan turun hujan? Nah, siang ini, situasi dan kondisi selasar depan kelas seusai doa pulang lebih sedikit macet lho. Mengapa? Tentunya, karena hujan yang lumayan deras mengguyur Kota Jember. Tak hanya di selasar kelas saja yang terhambat karena macet, di depan ruang resepsionis juga terkena macet karena banyak yang menunggu jemputan di depan ruang resepsionis.

Untuk hari-hari berikutnya, murid-murid diharapkan membawa payung ya supaya tidak kehujanan. Daripada hujan-hujanan dan berdampak sakit, lebih baik menggunakan payung kan? Jadi, jangan lupa bawa payung ya! Sedia payung sebelum hujan, kawan-kawan (Nina / XI IPS 3)

PEMERIKSAAN BUKU TATIB

BUKU-TATIB

Kedisiplinan merupakan ciri khas SMAK Santo Paulus Jember. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya rompi warna hijau dan merah sebagai sanksi atas pelanggaran yang telah dibuat oleh siswa-siswi. Kedisiplinan yang paling mudah adalah kewajiban para murid untuk membawa buku Prestasi dan Disiplin atau yang biasa dipanggil “Buku Tatib” oleh murid-murid sendiri.

Buku Prestasi dan Disiplin atau biasa disebut buku tatib berisi tentang tata tertib yang berlaku di SMAK Santo Paulus, poin prestasi maupun pelanggaran, dan ketentuan-ketentuan lainnya. Buku ini harus dibawa setiap hari. Apabila tidak membawa, murid akan terkena poin pelanggaran. Hal ini membuat buku prestasi dan disiplin dianggap sebagai buku keramat karena membuat poin pelanggaran murid bertambah bila lupa membawa.

Setiap pagi, pada jam pertama, para guru akan memeriksa kelas ajarnya. Setiap guru memiliki gaya tersendiri saat memeriksa apakah murid-muridnya membawa buku prestasi dan disiplin. Apabila ketahuan tidak membawa, maka nama murid dituliskan pada lembar absensi jam pertama, yaitu pada kolom nama murid yang tidak membawa buku prestasi dan disiplin. Murid yang tidak membawa tersebut juga harus langsung menuju ke ruang disiplin untuk dikenai pengurangan poin (Tasya dan Shelly Kelas XI IPA).

PENGETAHUAN SAJA BELUM CUKUP

lisya

Pengetahuan tidak cukup didapatkan dengan cara belajar duduk diam, mendengarkan dan mencatat apa yang diajarkan guru. Namun, perlu ditambah dengan melakukan praktikum supaya dapat membuktikan teori yang ada. Hari ini Jumat (13/01/17) kelas XI IPA 1 melaksanakan kegiatan praktikum Biologi mengenai uji bahan makan. Bahan makanan tersebut di antaranya: tahu, tempe, pisang, roti tawar, mie rebus, susu bubuk, nasi putih dan putih telur. Empat larutan  digunakan untuk membuktikan kandungan karbohidrat dan protein yang ada dalam makanan tersebut. Keempat larutan itu adalah lugol, biuret, benedict, dan xanthoprotein.

Murid XI IPA 1 mengikuti praktikum dengan baik sesuai intruksi yang diberikan oleh guru pengajar, Ibu Justina. Bukan hanya praktikum saja tetapi mereka juga harus membuat satu laporan dalam tiap kelompoknya. Setelah melakukan praktikum, murid diwajibkan untuk membersihkan dan merapikan peralatan yang sudah dipakai. “Saya sangat menyukai praktikum ini. Dengan praktikum ini, saya mampu memahami bahan makanan apa saja yang mengandung karbohidrat dan protein.”, begitu komentar Matius, salah satu murid XI IPA 1 (Lisya dan Devon Kelas XI IPA1).