Menjajaki Bakat dan Minat Melalui TPA

Serangkaian proses penerimaan murid baru di SMAK Santo Paulus terus berlanjut. Satu proses yang baru saja dilaksanakan yakni diselenggarakannya tes potensi akademik (TPA) bagi calon murid baru. Tepatnya hari Minggu, 23 Februari 2020, sebanyak 232 murid kelas IX dari berbagai daerah mengikuti tes yang diselenggarakan di SMAK Santo Paulus. Tes TPA bertujuan untuk menjajaki minat, bakat, dan pilihan jurusan murid sebelum menjadi murid di SMAK Santo Paulus.

            Hasil tes diharapkan dapat mempermudah guru dalam proses pembinaan dan pendampingan. Sekolah juga ingin memberikan pelayanan yang optimal kepada calon murid baru berdasarkan minat dan bakat murid. Menurut ketua panitia penerimaan murid baru, Ignatius Budiyono, S.Pd., M.Si., TPA merupakan bagian penting yang wajib diikuti oleh setiap calon murid baru di SMAK Santo Paulus. “Semua peserta wajib mengikuti tes TPA. Hasil tes akan sangat penting sebagai acuan dalam menentukan jurusan, ujar Ignatius Budiyono, selaku ketua panitia.

Pihak panitia menentukan tiga mata mata pelajaran yang diujikan dalam tes potensi akadenik. Tiga mata pelajaran tersebut meliputi, Matematika, Fisika, dan Ekonomi. Waktu yang diberikan kepada seluruh peserta tes untuk mengerjakan yakni sebanyak 120 menit. Berbagai perasaan pun dialami oleh para peserta tes setelah menyelesaikan TPA. Ada murid yang menyesal karena kurang persiapan, ada murid yang sudah persiapan, dan ada juga murid yang bingung saat mengerjakan tes.

“Sebenarnya soalnya tidak terlalu rumit, hanya saja saya kurang serius mendalami materi,” ungkap Gwyneth Sharon Sasongko, peserta tes dari SMP Pelita Hati Jember. Hal yang senada diungkapkan oleh peserta tes dari SMP Maria Fatima Jember. “Perasaan saya bercampur. Ada rasa takut, bingung, tapi juga senang,” ungkap Lillyan Jesslyn, murid yang juga mengikuti tes dari SMPK Maria Fatima Jember.

Setelah tes potensi akademik (TPA), para calon murid baru masih akan menjalani serangkaian proses sebelum benar-benar menjadi murid di SMAK Santo Paulus. Seperti pertemuan orang tua yang dijadwalkan tanggal 3 Mei 2020. Terkait pengumuman TPA, panitia akan mengumumkan hasil tes pada tanggal tanggal 7 Maret 2020. Selamat menanti pengumuman.

Penulis            : Tim Jurnalistik SMAK Santo Paulus Jember.