Ekspo, Jembatan Menyiapkan Masa Depan

Sabtu, 28 September 2019 menjadi hari yang ditunggu bagi sebagian besar murid dan orang tua SMAK Santo Paulus. Inilah saatnya para murid dan orang tua memilih, menimbang, dan akhirnya menjatuhkan pilihan terkait pendidikan lanjutan yang sesuai setelah tamat dari SMA. Kegiatan pameran pendidikan atau lebih dikenal dengan nama ekspo PT/LKP (Perguruan Tinggi/Lembaga Konsultasi Pendidikan) di SMAK Santo Paulus sudah memasuki tahun ke-21. Sekolah berusaha menjaga konsistensi dalam memberikan pelayanan kepada para murid dan orang tua untuk memberikan gambaran terkait pendidikan putra-putri mereka.

“Kegiatan ini (ekspo), sangat membantu kami sebagai orang tua. Kami jadi bisa mengenal berbagai program studi di perguruan tinggi, sangat bermanfaat,” ungkap Ibu Vivi Indrayani, salah seorang wali murid dari Lumajang. Bu Vivi juga menambahkan, akan menyerahkan pilihan pendidikan kepada anak sesuai bakat dan minat. Pendapat yang hampir sama juga disampaikan oleh Bapak Yonathan yang datang dari Ambulu, “Kami sebagai orang tua hanya bisa mengarahkan, terkait pilihan saya kembalikan pada anak.” Terkait dengan manfaat ekspo, Pak Yonathan merasakan banyak manfaat. “Saya jadi tahu soal biaya pendidikan saat ini dan menjajaki investasi di beberapa kota seperti Malang damn Surabaya,” cerita Pak Yonathan.

Selain orang tua, manfaat ekspo juga dirasakan oleh para murid SMAK Santo Paulus. Lebih-lebih bagi para murid yang telah menjalani proses pembelajaran di kelas XII. Murid kelas XII merupakan murid yang semakin dekat dengan “kebingungan” dalam menyiapkan masa depan. Oleh karena itu, ekspo semacam menjadi jembatan bagi para murid yang ingin meneruskan pendidikan di perguruan tinggi. “Ekspo bermanfaat agar para murid memiliki pandangan lebih jauh untuk pendidikan setelah SMA,” ungkap salah seorang murid bernama Clarissa Athalia, dari kelas XII MIPA 3. Terkait dengan universitas dan jurusan yang diminati, Clarissa tertarik masuk jurusan Teknik Industri atau Akuntansi dan Manajemen Produksi.

Murid lain juga merasakan dampak positif dengan diselenggarakannya ekspo ke-21 ini. “Seru, secara keseluruhan lebih ramai dari tahun sebelumnya,” tutur Aldo Clarence, murid kelas XI IPS 1 yang secara tegas mengungkapkan ingin masuk jurusan Culinary Art. So, adakah perguruan tinggi yang sudah berhasil memikat hati dan harapan kalian?Atau sudahkah kalian menetukan pilihan untuk melanjutkan pendidikan? Semoga ekspo tahun 2019 menjadi jembatan bagi para murid untuk menyiapkan dan menata masa depan. (Tim Jurnalistik SMAK Santo Paulus)