About

logoBersumber dari tradisi pendidikan Katolik yang kaya akan nilai dan mutu, SMA Katolik Santo Paulus hadir sebagai sekolah unggul di kota Jember. Di usia yang ke 59 pada tahun 2010 ini, Santo Paulus telah melengkapi diri dengan sistem handal teknologi terkini, baik untuk sistem pembelajaran maupun sistem administrasinya. Multimedia tidak asing lagi dalam proses pembelajaran. Teknologi komputer tidak hanya digunakan di laboratorium komputer, melainkan juga sebagai fasilitas di perpustakaan yang memudahkan murid mencari dan menemukan buku-buku serta informasi yang mereka perlukan tanpa harus menghabiskan banyak waktu.

SMA Katolik  Santo Paulus adalah sebuah SMA Katolik di Jawa Timur yang menggunakan sistem databases komputer untuk administrasi murid, administrasi kedisiplinan murid dan perpustakaan. Sistem ini memudahkan guru dan orangtua untuk melihat perkembangan murid. Sistem ini juga telah menjadi sumber data yang memudahkan pihak sekolah untuk menganalisis dan mengevaluasi proses pendidikan guna meningkatkan mutu pendidikan Santo Paulus dari tahun ke tahun.

Pendidikan manusiawi yang utuh menjadi pijakan dan arah sebuah sekolah Katolik yang dikelola oleh para  biarawan (Romo dan Bruder)  dari Ordo Karmel Provinsi Indonesia. Disiplin sikap dan akademis adalah suasana harian Santo Paulus. Pendidikan utuh dan penuh disiplin ini ditunjang oleh sistem pendidikan asrama putri yang didampingi secara khusus oleh para Suster Hermanas Carmelitas dari Spanyol. Ini merupakan wujud filosofi Santo Paulus : EDUCATION OF HUMANITY, THE FULLY HUMAN THROUGH EDUCATION, sebuah prinsip yang mencita-citakan murid lulusan sekolah ini sebagai manusia yang manusiawi, manusia yang memiliki religiositas, yang terlibat dalam persaudaraan manusia, dan penuh dedikasi melayani masyarakat melalui bakat serta kemampuan yang dimilikinya. Karena itu, pendidikan humaniora menjadi tulang punggung sistem pendidikan Santo Paulus.

SMAK Santo Paulus adalah wadah yang tepat bagi mereka yang ingin menjadi akademisi dan sekaligus warga negara yang baik. Sekolah ini juga partner yang tepat bagi para orangtua dalam memberikan pendidikan yang bermutu tinggi bagi anak-anak mereka. Tidak berlebihan jika Santo Paulus memiliki motto :

AD ASTRA PER DISCIPLINAM
(meraih cita-cita luhur melalui disiplin)