MENGENAL GONG DALAM KARAWITAN

Selasa (6/11/2018)-Karawitan bagi siswa kelas Sepuluh IPS 3 dilaksanakan di hari Selasa pukul 14.00 WIB. Tidak seperti biasaya, hari ini siswa yang mengikuti karawitan tergolong sedikit. Sebab banyak siswa yang memiliki kepentingan masing-masing sehingga mereka absen kegiatan ini. Namun, hal ini tidak membuat semangat siswa yang lain menjadi surut. Memang suasana hari ini tidak seramai biasanya, tetapi mereka tetap gigih mengikuti karawitan ini.Tujuan karawitan sederhana, yaitu melestarikan kebudayaan tradisional agar tidak punah digerus zaman. Padahal kebudayaan tradisional pun tidak kalah menarik dan asik!

Banyak sekali kebudayaan tradisional yang dimiliki oleh Indonesia, seperti alat musik daerah yang satu ini.  Alat musik itu ialah gong. Gong juga salah satu alat musik dalam karawitan yang berperan penting.

  Seperti yang kita tahu, gong adalah alat musik berbentuk bulat yang digantung dan cara memainkannya adalah dengan dipukul. Gong menandai permulaan dan akhiran gendhing setelah berlalunya kalimat lagu gendhing. Meski terlihat sederhana, memainkan gong ternyata gampang-gampang susah. Hal itu karena ketepatan dalam memukul gong harus pas agar bunyi yang dihasilkan menyatu dengan bunyi dari alat musik yang lain.

Itulah sekilas dari kegiatan siswa kelas sepuluh IPS tiga , sekaligus sedikit pengetahuan tentang gong. Tujuan karawitan sederhana, yaitu melestarikan kebudayaan tradisional agar tidak punah digerus zaman. (Steffany)