BELAJAR TARI SESONDERAN

Begitu banyak tari-tarian yang kita kenal di Indonesia. Beragam jenisnya, beragam karakteristiknya, dan beragam pula daerah asalnya. Tetapi ada yang menarik dari salah satu tarian berikut. Mari kita simak!

Ya, benar sekali! ini adalah tari Sesonderan. Mungkin tarian ini masih asing di telinga kita. Memang tarian ini tidak setenar tari Jaipong yang berasal dari Jawa Barat, tari Kecak yang berasal dari Bali, tari Serimpi yang berasal Yogyakarta, dan masih banyak lagi tari-tarian lainnya. Bagaimana dengan provinsi  Jawa Timur? selain tari Remo, Jawa Timur juga punya  tari Sesonderan yang berasal dari kota Malang. Tari ini biasanya digunakan untuk menyambut tamu. Gerakan – gerakan yang dipakai adalah kombinasi antara gerakan jaipong dengan memainkan sampur atau lebih dikenal dengan sebutan selendang.

Terlepas dari semuanya itu, SMAK Santo Paulus yang menyajikan kegiatan karawitan juga mempelajari tari ini. Kegiatan ini diikuti oleh para siswi dengan antusias, sekalipun kegiatan karawitan dilaksanakan sepulang sekolah. Mereka tetap bersemangat untuk mempelajari salah satu bagian kebudayaan kita. Sudah seharusnya kita sebagai generasi muda tetap melestarikan tari-tarian tradisional. Tidak salah kita mengikuti perkembangan zaman, tetapi tetap lestarikan budaya tradisional! (Steffany/XI IPS3)