Monthly Archives: January 2019

BELAJAR AGAMA DENGAN BERPRAKTIK

Kamis (31/01/2019)–Hari ini, Kelas XI IPS 3 dibagi ke dalam beberapa kelompok. Setiap kelompok memiliki agama yang sama. Pembagian kelompok di Kelas XI IPS 3 meliputi kelompok agama Hindu, Islam, Katolik, dan Kristen. Tugas mereka adalah membuat ibadah sesuai dengan agama masing-masing. Hari ini adalah jadwal dari kelompok yang beragama Katolik. Kelompok ini mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik. Dimulai dari teks ibadah, teks ibadah, persiapan, hingga pelaksanaan ibadah. Setiap anggota harus memiliki tugas masing-masing. Ada yang menjadi seorang romo, misdinar, lektor, pemazmur, dan lain-lain. Mereka harus membuat suasana di kelas seperti sedang melaksanakan ibadah yang susungguhnya. Para murid melakukannya dengan antusias. Bagi anggota kelompok selain agama Katolik, diberikan tugas mencatat tata cara dan susunan dari ibadah agama Katolik (Amelia Felicia P XI IPS 3/01).

AGAMA

EVALUASI HOTS, BUKAN SEKADAR HAFALAN

HOTS

Selasa (29/08/2018) – HOTS (Higher Order Thinking Skills) sedang menjadi pembicaraan hangat di dunia pendidikan Indonesia saat ini. Tes yang dulu bisa dibilang hanya membutuhkan hafalan, kini dibawa ke jenjang yang lebih tinggi. Penalaran dan pemahaman sangat dibutuhkan untuk mengerjakan soal-soal HOTS. Pada hari ini, sebagian murid kelas XI IPA 2 SMAK Santo Paulus menghadapi evaluasi mata pelajaran PKn dengan tipe soal HOTS. Materi tentang organisasi internasional Indonesia harus benar-benar dipahami supaya bisa mengerjakan soal yang diberikan. Oleh karena itu, sebagian murid lain yang tertinggal diminta untuk menyelesaikan tugasnya untuk bisa ikut mengerjakan evaluasi (Cynthia C.S. XI IPA 2 / 08)

PESTA PELINDUNG SEKOLAH 2019

Sabtu (26/01/2019)–Hari ini telah dilaksanakan kegiatan PPS atau Pesta Pelindung Sekolah. Kegiatan ini rutin diadakan setiap tahun. Jika di tahun sebelumnya diadakan lomba Mr. and Mrs. Saint Paul dan pensi, tahun ini diadakan lomba fashion show antar kelas 10 dan 11 serta pemutaran film hasil ujian praktik oleh kelas 12. Kegiatan ini diawali dengan misa, lalu dilanjutkan dengan pemutaran film dan fashion show. Semua kegiatan dilaksanakan berpusat di GOR SMAK Santo Paulus. Fashion show tahun ini mengusung tema karakter film . Para peserta fashion show sangat antusias mengikuti kegiatan ini. Mereka berlomba untuk membuat kostum dari barang bekas. Kostum yang dipilih juga diambil dari beberapa film yang populer seperti Beauty and The Beast, Pocahontas, dan Tinker Bell. Tidak hanya lomba fashion show yang menarik, film yang ditayangkan ini bercerita tentang sejarah kemerdekaan bangsa
Indonesia yang juga sangat menarik untuk ditonton. Pemenang acara fashion show yaitu Samuel Albert dan Joshelyn dari kelas 11 IPS 3 serta pemenang lomba pemutaran film yaitu kelas 12 IPA 3 dan 12 IPS 5. Acara ini berjalan dengan sukses dan diakhiri dengan sesi makan bersama wali kelas (Fenita Dea Ananda 11 IPA 1).

PPS-WEB

EKTRA JURNALISTIK??

Selasa (22/01/2019)–Eskul Jurnalistik? Kira-kira apa sih yang dikerjakan? Santo Paulus menyediakan ekstra yang cukup menarik yaitu Jurnalistik. Ekstra iniini cukup diminati oleh siswi-siswi sekolah kami. Sayangnya, jarang ada peminat laki-laki. Namun , jangan salah! Ketua Jurnalistik kami justru laki-laki lho… Setiap hari Selasa, kami menjalankan ekstra ini. Meski terlihat santai dan tanpa beban, sebenarnya banyak hal dikerjakan oleh tim jurnlistik seperti menulis web harian, mengisi majalah First (majalah sekolah kami), dan masih banyak lagi. Namun, terkhusus hari ini, kami sedang mempersiapkan tema untuk majalah First edisi selanjutnya. Cukup mengasyikan dapat berdiskusi dengan teman-teman, kita bisa bertukar pikiran, dan lebih pentingnya kita dapat mengamalkan Pancasila sila ke 4 (Stefani Kelas X IPS 3).

PRAMUKA, EKSTRAKURIKULER WAJIB KELAS X

Jember (21/01/2019)–Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, kali ini SMAK Santo Paulus mengadakan kegiatan wajib pramuka. Hal ini dikarenakan pemerintah mewajibkan sekolah untuk mengadakan kegiatan tersebut. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh murid kelas X yang berjalan setiap hari Senin – Rabu. Untuk X IPA 2, X IPS 1 dan X IPS 3, kegiatan pramuka dilaksanakan setiap hari Senin. Untuk X IPA 3, X IPA 4 dan X IPS 4, kegiatan pramuka dilaksanakan setiap hari Selasa. Untuk X IPA 1 dan X IPS 2, kegiatan pramuka dilaksanakan pada hari Rabu. Kegiatan satu ini, biasanya dimulai pada pukul 14.30 – 16.00 WIB di halaman sekolah. Pada Senin, 21 Januari 2019, para murid yang mengikuti pramuka hari itu diajari baris – berbaris oleh kakak – kakak pembina. Walaupun terlihat melelahkan, semangat para murid kelas X seakan tak pernah pudar (Lidya Ganda Kelas X MIPA 1).

 

TUKAR KADO TUK MERAYAKAN NATAL

Jumat (18/01/2019)–Hai sahabat Saintpaulers! Hari ini para murid SMAK Santo Paulus mengikuti kegiatan Katoliksitas yang wajib diikuti oleh seluruh murid yang beragama katolik. Hari ini tiap komunitas saling bertukar kado untuk merayakan Natal. Selain itu, acaranya juga diisi dengan sharing tentang kegiatan natal yang telah mereka rayakan di tahun 2018 kemarin. Menyengkan bukan??

NAT

TAMU ISTIMEWA DARI WASHINGTON, DC, USA

usa

Kamis (17/01/2019), SMAK Santo Paulus kedatangan tamu istimewa. Tamu tersebut berasal dari USA. Kalian sudah tau nggak siapa beliau? Beliau adalah salah satu Romo Projo bernama Fr. Leo Lefebure. Beliau mengajar di Georgetown University Washington, DC, USA. Acara yang disiapkan oleh SMAK Santo Paulus ini diawali oleh pertunjukan barongsai, gamelan dan tari, dan juga SPV yang merupakan ekstrakurikuler di sekolah ini. Seluruh pengisi acara pada acara ini merupakan murid dari SMAK Santo Paulus. Tema yang diambil untuk acara ini yaitu ” Educating to Inter-Cultural and Inter-Religious Dialog in Catholic School “. Romo Leo mengajarkan kami para murid SMAK Santo Paulus untuk bisa menghargai perbedaan budaya dan agama yang ada di sekitar kita. Acara ini tidak hanya berisi pengajaran akan menghargai perbedaan. Namun, kami juga diberikan kesempatan untuk memperkenalkan budaya asli Indonesiaseperti makanan dan kue tradisional, bahasa daerah, pakaian adat, lagu daerah, dan permainan tradisional asli Indonesia. Tidak lupa juga kami memperkenalkan cara pembuatan dan jenis- jenis batik Indonesia yang sudah terkenal hingga ke mancanegara. Semoga kegiatan ini memberikan manfaat bagi kita semua ya kawan-kawan (Oliana Fleurentcia Kelas XIS 1/23).