Monthly Archives: August 2018

UNIKNYA SMAK SANTO PAULUS

Selasa (28/08/2018)–Berbeda dengan mayoritas sekolah pada umumnya, SMAK Santo Paulus mempunyai salah satu kegiatan wajib yaitu karawitan (gamelan) dan tari. Kegiatan ini diikuti oleh bapak/ibu guru dan karyawan, serta siswa-siswi kelas 10 dan 11. Kegiatan karawitan dan tari tahun pelajaran 2018/2019 mulai dilaksanakan pada tanggal 21 Agustus 2018. Jadwal pelaksanaannya bervariasi dari hari Senin sampai dengan Jumat setiap pulang sekolah. Kegiatan karawitan dan tari berlangsung di ruang gamelan dan dibimbing oleh Bapak Sumarno dan Ibu Lilik. Tujuan diadakannya kegiatan ini yaitu agar setiap warga sekolah tetap melestarikan budaya Jawa (Lidya Victoria Ganda / XA1, Ivan Hernando / XA3).

DUTA PERPUSTAKAAN 2018

Senin(27/08/2018)- Perpustakaan SMAK Santo Paulus telah memilih 15 murid untuk menjadi Duta Perpustakaan untuk tahun ajaran 2018/2019. Pak Yosafat Agus selaku koordinator perpustakaan mengatakan bahwa fungsi duta perpustakaan di SMAK Santo Paulus adalah untuk membantu pelayanan KTI sore hari untuk semester 1 dan melayani siswa-siswi yang ingin meminjam buku. Perpustakaan pada tahun ini akan mengadakan event dan lomba. “Rencananya untuk semester satu akan diadakan lomba resensi dan untuk semester dua akan diadakan lomba dramatisasi” kata pak Yosafat Agus saat ditanya.Hari ini terdapat dua orang yang bertugas yaitu Alicia J.E (XIA4) dan Serafim D.K (XIA1),sebelum menjadi duta perpus mereka melewati serangkaian seleksi berupa wawancara tulis.dari berbagai pertanyaan seleksi,salah satunya adalah tentang ide ide untuk menjadikan siswa-siswi SMAK Santo Paulus tertarik untuk mengunjungi perpustakaan “bersikap ramah,bersedia memberikan pelayanan bagi siswa-siswi yang membutuhkan bantuan kami” jawab mereka berdua. Dalam menjadi duta perpus terdapat peraturan serta konsekuen yang harus diterima,salah satu peraturannya adalah tidak boleh menggunakan HP saat bertugas sedangkan konsekuennya adalah harus pintar-pintar mengatur waktu antara jadwal sekolah dan jadwal duta perpustakaan.Alicia dan Serafim adalah dua dari lima belas siswa yang terpilih seleksi.Sedangkan siswa-siswi yang mngikuti seleksi adalah 28 siswa.Duta Perpus dipilih seleksi jawaban terbaik dan setiap harinya dau orang bertugas dari pukul 14.00-16.00 (Kezia Keren Sutejo dan Jane Ignacia Soekardjo,XS1)

PEMBELAJARAN DENGAN MENGGUNAKAN UKBM

Sabtu (25/08/2018)–SMAK Santo Paulus telah menjalankan UKBM dalam proses belajar-mengajarnya. Dengan memberlakukan sistem, murid diharapkan dapat semakin aktif, kritis, mampu berpikir kreatif, dan komunikatif. Meski masih tahun pertama penggunaan UKBM, kegiatan pembelajaran dapat berjalan dengan lancar. Untuk melancarkan kegiatan UKBM, murid diharapkan mampu bekerja sama dan pro aktif dalam pembelajaran (Devita XI IPS2).

IDENTIFIKASI HIDROKARBON

Jumat (24/08/2018) – Murid kelas 11 IPA di SMAK Santo Paulus melakukan praktikum mengenai identifikasi hidrokarbon yang dibimbing oleh Bu Rini selaku guru kimia. Apa itu hidrokarbon? Hidrokarbon adalah senyawa karbon sederhana yang terdiri atas atom karbon (C) dan atom hidrogen (H). Dalam praktikum ini, murid-murid diharapkan dapat memahami materi pembelajaran tidak hanya melalui teori tetapi juga dalam  prakteknya. Dalam menjalankan praktikum ini, para murid dibimbing oleh beberapa guru supaya praktikum yang dilakukan dapat berhasil. Para murid diharapkan untuk berhati-hati selama praktikum agar  terhindar dari bahaya yang dapat disebabkan oleh bahan-bahan kimia (Cynthia Cancerria S. / XIA2, Grace Sharon / XIA3 ).

PENGALAMAN BARU DI PELAJARAN BAHASA INGGRIS

Selasa (21/08/2018) SMAK Santo Paulus kedatangan tamu dari luar negeri. Kedua tamu itu berasal dari Mesir dan Barcelona. Mereka menjadi tamu spesial di kelas XI IPS 3 pada saat jam mata pelajaran Bahasa Inggris dengan didampingi Sir Donny. Ramah tamah dilakukan untuk bertukar pengalaman dan salah satu dari murid XI IPS 3 yang bernama Viki Candra Kirana diajak untuk beradu panco. Akhirnya, pertemuan singkat itu pun berakhir (Amelia F. Kelas XI IPS2).

MEMPELAJARI OSMOSIS

Senin (20/08/2018)–Osmosis adalah perpindahan molekul air melalui selaput semipermiabel dari larutan yang hipotinis (kepekatannya rendah) ke larutan hipertonis (kepekatannya tinggi.) Hari ini kelas 11 IPA 3 mengadakan praktikum biologi yang berjudul osmosis pada sel telur dan kentang. Antusias dari para murid terlihat saat melakukan praktikum, ada yang sibuk memotong kentang atau ada yang sibuk menimbang. Kami dibimbing Bu Monica dan Bu Justin untuk melakukan praktikum ini, dengan sabar dan telaten mereka melayani kami semua. Hari ini kita melakukan 3 praktikum, pertama kita mulai praktikum 1dengan menimbang telur lalu di rendam menggunakan air cuka pada gelas beker atau gelas praktikum, dan akan kita lihat besok untuk melihat hasil rekasi yang terjadi Praktikum yang kedua, kita diajak untuk memotong kentang lalu merendamnya pada air cuka dan akan kita lihat juga hasilnya besok, dan yant terakhir adalah tentang plasmolisis pada daun Rhoeo discolor. Pada pengamatan yang terakhir kita diajak untuk mengamati sel yang ada di daun tersebut dan mengamatinya dengan mikroskop. (Cindy/11 IPA 3/11)

MERAYAKAN HARI KEMERDEKAAN DI GEREJA SANTO YUSUP JEMBER