Monthly Archives: March 2018

Menerima Rapor Sisipan sebelum Libur Paskah

Rabu (28/3/2018)–Hari ini merupakan hari terakhir masuk sekolah sebelum libur Paskah. Hari ini juga adalah hari dibagikannya Laporan Hasil Belajar Tengah Semester. Pembagian LHB ini dilakukan pada jam pelajaran terakhir oleh wali kelas di kelas masing-masing. Laporan Hasil Belajar ini diterima oleh masing-masing murid. Murid-murid menandatangani lembar penerimaan LHB sebagai bukti bahwa telah menerima LHB. Setelah dibagi, murid diperbolehkan menanyakan pada guru yang bersangkutan apabila mungkin ada nilai yang belum tertera pada LHB ataupun kesalahan penulisan nilai. Selain itu, murid juga dapat mengetahui nilai yang belum tuntas dan harus remidi maupun tugas yang belum terkumpul (Hana Luh Kelas XI IPA 2).

BELAJAR DRAMA

Selasa (27/3/18) – Drama merupakan komposisi syair atau prosa yang diharapkan dapat menggambarkan kehidupan dan watak melalui tingkah laku (peran) atau dialog yang dipentaskan (KBBI, 2016). Materi khusus untuk drama di SMAK Santo Paulus dipelajari saat kelas XI. Hari ini, saat pelajaran Bahasa Indonesia, kelas XIA2 diajarkan untuk membuat naskah drama dari kehidupan sehari-hari dan mempraktekkannya dengan intonasi dan ekspresi yang sesuai. Kelas dengan pembimbing Bapak Ujang Sarwono ini dibagi menjadi 16 kelompok yang setiap kelompoknya terdiri dari 2 orang saja. Drama yang ditampilkan secara sederhana karena tidak memerlukan properti yang lengkap tersebut dinilai dan dicatat sebagai nilai psikomotor. Tetap semangat dalam mempelajari karya sastra Indonesia, kawan! (Jessica Stephanie Wijaya/ XIA2)

MELATIH KEMAMPUAN BAHASA INGGRIS

Kamis (22/3/2018)–Hari ini, pelajaran bahasa Inggris kelas XIA2 adalah listening. Listening adalah salah satu materi pembelajaran bahasa Inggris yang disediakan khusus di SMAK Santo Paulus. Jadi, pelajaran Inggris tak selalu terkait dengan menulis (writing). Materi listening yaitu mendengarkan sebuah percakapan, berita, ataupun lagu, kemudian murid mengisi pertanyaan-pertanyaan yang telah disediakan oleh guru pembimbing. Selain itu, pelajaran listening dilakukan di laboratorium bahasa sehingga media pembelajaran yang digunakan begitu lengkap. Setelah murid menjawab pertanyaan yang disediakan, guru pembimbing juga akan menyediakan sesi tanya-jawab (speaking) (Christian Willson-XIA2/04).

PENILAIAN EKSTRA TATABOGA

Rabu (21/3/2018)–Siang hari ini diadakan penilaian ekstra tata boga. Penilaian ini dilakukan tiga kali dalam 1 semester dan ini adalah penilaian yang pertama dalam semester genap. Jenis masakan kali ini tidak ditentukan, tetapi pada penilaian selanjutnya akan ditentukan. Ada empat kelompok yang penilaian hari ini. Setiap kelompok terdiri dari tiga sampai 4 murid. Dua kelompok memasak spagethi, dan dua kelompok lainnya memasak kue. Para murid diberi waktu selama 1 jam untuk menyelesaikan masakannya hingga disajikan di meja penilaian (Hana Kelas XI IPA).

JADILAH GENERASI YANG BIJAK DALAM MEMANFAATKAN TEKNOLOGI

Selasa (20/3/2018)–Hidup di era teknologi tentu menuai pro dan kontra. Salah satunya mengenai menejemen waktu yang kerap kali disalahgunakan oleh generasi muda. Banyak anak muda yang tidak menggunakan teknoogi dengan bijak,salah satunya dibuktikan dengan banyaknya anak muda yang lebih memilih bermain daripada belajar. Namun, SMAK Santo Paulus ingin memberikan kepercayaan ebih pada generasi muda. Dengan memikirkan resikonya, SMAK mampu memberanikan diri untuk ikut arus teknologi yang kian canggih. Para murid dibiasakan untuk menggunakan teknologi sebagai salah satu sarana penidikan yang baik. Mengerjakan PR secara online merupakan salah satu caranya. Selain itu, para murid juga sering kali diberi tugas untuk mengakses informasi seputar pendidikan dari gadget. Jadi,mari menjadi anak muda yang bijak!

SEKOLAH ADALAH TEMPATKU MENIMBA ILMU

Senin (19/3/2018)–Tugas seorang murid apa sih? Sebagai murid, kita harus belajar di sekolah maupun di rumah. Oleh karena itu,  kita harus berusaha agar dapat belajar dengan baik dan teratur. Secara lengkap, Ernest R. Hilgard (1984) mengatakan, bahwa belajar merupakan proses perbuatan yang dilakukan dengan sengaja yang kemudian menimbulkan perubahan, yang keadaannya berbeda dari perubahan yang ditimbulkan oleh lainnya.

Nah, di SMAK Santo Paulus, kita akan menemukan tempat suasana belajar yang menyenangkan dan sangat mendukung proses belajar mengajar. Di setiap harinya, murid-murid selalu berkesempatan untuk belajar dengan baik di lingkungan sekolah (Raymond Kelas XI IPA)

SEHAT FISIK DAN ROHANI DENGAN BEROLAH RAGA

Jumat (16/3/2018)–Taukah Anda seberapa pentingnya olah raga? Secara umum, olah raga adalah sebagai salah satu aktivitas fisik maupun psikis seseorang yang berguna untuk menjaga dan meningkatkan kualitas kesehatan. Meningkatkan daya tahan tubuh, fungsi otak, mengurangi stress, menurunkan kolesterol, dll merupakan manfaat dari berolah raga. Berolah raga juga dapat meningkatkan energi pada tubuh. Olah raga yang sering dilakukan oleh murid SMAK Santo Paulus adalah  jogging. Maka itu seringlah berolah raga secara secara teratur walaupun hanya 30 menit dalam sehari tubuh akan lebih segar dalam melaksanakan dan menjalankan segala aktivitas-aktivitas baru (Irfan Kelas XI IPS)