Daily Archives: January 31, 2018

MENGEMBANGKAN DIRI MELALUI UJIAN PRAKTIK

Rabu (31/01/2018)–Hari ini,  kelas 12 sedang mengikuti ujian praktik yang diberikan oleh sekolah sebagai nilai kelulusan. Semua mata pelajaran diujikan. Tentunya hal ini menjadi tatangan tersendiri bagi mereka. Memang benar apa yang terdapat dalam ungkapan lama “Berakit-rakit ke hulu, berenang-renang ke tepian. Bersakit-sakit dahulu, bersenang-senang kemudian, mereka pun kini sedang berada pada posisi tersebut. Saat ini, mereka belajar dengan giat agar dapat menyelesaikan masa-masa SMA-nya. Keseriusan mereka tampak jelas dari sorot matanya. Tak terkecuali juga anak-anak kelas 12 IPS 4 dalam melaksanakan ujian praktik olah vokal sekaligus sinema. Down To The River To Pray, Ellijah Rock, dan Joshua Fit The Battle Of Jericho merupakan lagu-lagu yang ditampilkan mereka selama ujian berlangsung. Selain bernyanyi, mereka juga harus membuat tarian yang kreatif. Selain olah vokal dan sinema, ujian praktik lainnya juga masih harus dihadapi oleh anak-anak kelas 12 seperti Agama, Bahasa Indonesia, Sosiologi, Geografi, Ekonomi, Fisika, Kimia, Biologi, Batik, dan masih banyak lagi.

Selama mengenyam pendidikan 3 tahun di SMAK Santo Paulus, murid tak hanya diajari teori saja melainkan juga dituntut untuk mampu mengaplikasikan dan mengembangkan ilmu-ilmu yang mereka peroleh agar dapat dikembangkan di masa yang akan datang (Michael Christian Kelas XII IPS4).

PUNCAK PPS 2018

Jumat (26/01/2018)–Selesai sudah acara Pesta Pelindung Sekolah SMAK Santo Paulus yang digelar pada tanggal 25-26 Januari 2018 kemarin. Dengan tema “Ayo Ngraketke Pasudaraan” terlihat jelas kekompakan dari masing-masing anggota kelas. Pemilihan Mr dan Miss Saint Paul tentu menjadi bagian yang paling ditunggu-tunggu. Di setiap tahunnya, semua kelas berlomba-lomba memberikan yang terbaik dalam desain kostum Mr dan Miss kelasnya masing-masing. Dengan tema kostum “Tempoe Doloe”, para Mr dan Miss perwakilan tiap kelas dengan penuh percaya diri berjalan di atas panggung dengan kostum mereka yang super unik. Bagaimana tidak? Salah satu bahan wajib kostum mereka adalah barang bekas. Bisa membayangkan bagaimana uniknya? “Susah sih. Apalagi tiap kostum yang kita buat benar-benar detail dan ada maknanya. Jadi engga sembarang buat. Tapi emang dipikirin mateng,” kata Natasha, perwakilan Miss 11-IPS2.
Tidak hanya itu,PPS tahun ini juga mengundang banyak gelak tawa dari penampilan masing-masing kelas. Contohnya dari kelas 11-IPS1 yang menampilkan drama musikal yang unik dan lucu. Sedangkan kelas 12-IPA3, mereka bahkan rela menyewa kostum badut untuk menambah kemeriahan penampilan kelas mereka. Tidak hanya murid yang eksis, beberapa guru wali kelas pun terlihat ikut ambil peran dalam penampilan kelasnya lho… Seperti Bu Sisca, wali kelas 11 -IPS 1 yang ikut bermain dalam drama dan ikut berjoget ria.
Acara tahunan ini ditutup dengan terpilihnya Mr. Jeremia Santoso dan Miss Shierin Velly Fiolita sebagai Mr dan Miss Saint Paul 2018. Selamat kepada para pemenang dan semoga dapat menjalankan tugas dengan baik! Sampai jumpa di Pesta Pelindung Sekolah tahun depan!! (Della Ragil Putri dan Photo: Vincenzo Fino)