Monthly Archives: January 2018

MENGEMBANGKAN DIRI MELALUI UJIAN PRAKTIK

Rabu (31/01/2018)–Hari ini,  kelas 12 sedang mengikuti ujian praktik yang diberikan oleh sekolah sebagai nilai kelulusan. Semua mata pelajaran diujikan. Tentunya hal ini menjadi tatangan tersendiri bagi mereka. Memang benar apa yang terdapat dalam ungkapan lama “Berakit-rakit ke hulu, berenang-renang ke tepian. Bersakit-sakit dahulu, bersenang-senang kemudian, mereka pun kini sedang berada pada posisi tersebut. Saat ini, mereka belajar dengan giat agar dapat menyelesaikan masa-masa SMA-nya. Keseriusan mereka tampak jelas dari sorot matanya. Tak terkecuali juga anak-anak kelas 12 IPS 4 dalam melaksanakan ujian praktik olah vokal sekaligus sinema. Down To The River To Pray, Ellijah Rock, dan Joshua Fit The Battle Of Jericho merupakan lagu-lagu yang ditampilkan mereka selama ujian berlangsung. Selain bernyanyi, mereka juga harus membuat tarian yang kreatif. Selain olah vokal dan sinema, ujian praktik lainnya juga masih harus dihadapi oleh anak-anak kelas 12 seperti Agama, Bahasa Indonesia, Sosiologi, Geografi, Ekonomi, Fisika, Kimia, Biologi, Batik, dan masih banyak lagi.

Selama mengenyam pendidikan 3 tahun di SMAK Santo Paulus, murid tak hanya diajari teori saja melainkan juga dituntut untuk mampu mengaplikasikan dan mengembangkan ilmu-ilmu yang mereka peroleh agar dapat dikembangkan di masa yang akan datang (Michael Christian Kelas XII IPS4).

PUNCAK PPS 2018

Jumat (26/01/2018)–Selesai sudah acara Pesta Pelindung Sekolah SMAK Santo Paulus yang digelar pada tanggal 25-26 Januari 2018 kemarin. Dengan tema “Ayo Ngraketke Pasudaraan” terlihat jelas kekompakan dari masing-masing anggota kelas. Pemilihan Mr dan Miss Saint Paul tentu menjadi bagian yang paling ditunggu-tunggu. Di setiap tahunnya, semua kelas berlomba-lomba memberikan yang terbaik dalam desain kostum Mr dan Miss kelasnya masing-masing. Dengan tema kostum “Tempoe Doloe”, para Mr dan Miss perwakilan tiap kelas dengan penuh percaya diri berjalan di atas panggung dengan kostum mereka yang super unik. Bagaimana tidak? Salah satu bahan wajib kostum mereka adalah barang bekas. Bisa membayangkan bagaimana uniknya? “Susah sih. Apalagi tiap kostum yang kita buat benar-benar detail dan ada maknanya. Jadi engga sembarang buat. Tapi emang dipikirin mateng,” kata Natasha, perwakilan Miss 11-IPS2.
Tidak hanya itu,PPS tahun ini juga mengundang banyak gelak tawa dari penampilan masing-masing kelas. Contohnya dari kelas 11-IPS1 yang menampilkan drama musikal yang unik dan lucu. Sedangkan kelas 12-IPA3, mereka bahkan rela menyewa kostum badut untuk menambah kemeriahan penampilan kelas mereka. Tidak hanya murid yang eksis, beberapa guru wali kelas pun terlihat ikut ambil peran dalam penampilan kelasnya lho… Seperti Bu Sisca, wali kelas 11 -IPS 1 yang ikut bermain dalam drama dan ikut berjoget ria.
Acara tahunan ini ditutup dengan terpilihnya Mr. Jeremia Santoso dan Miss Shierin Velly Fiolita sebagai Mr dan Miss Saint Paul 2018. Selamat kepada para pemenang dan semoga dapat menjalankan tugas dengan baik! Sampai jumpa di Pesta Pelindung Sekolah tahun depan!! (Della Ragil Putri dan Photo: Vincenzo Fino)

PPS Hari Pertama

Kamis (25/01/2018)–Hari ini adalah hari yang sangat mengembirakan. Mengapa ya?? SMAK Santo Paulus mengadakan acara PPS. Apa itu PPS? PPS adalah kepanjangan dari Pesta Pelindung Sekolah. Hari ini sekolah kita tercinta sedang memperingati pesta pertobatan Saulus. Di hari yang spesial ini, tentunya acara spesial pun disiapkan untuk semua warga sekolah. Acara spesial itu adalah penampilan bakat Miss dan Mister SMAK Santo Paulus. Tidak hanya itu, setiap kelas juga mempersembahkan penampilan yang menarik. Meskipun suasana ditemani oleh hujan, tetap saja semua penonton semangat melihat penampilan dari para peserta (Keiko Kelas X IPS2)

PERSIAPAN PPS 2018

Selasa (23/01/2018)–Suasana SMAK St Paulus sepulang sekolah pada akhir-akhir ini terlihat sangat sibuk. Masing-masing kelas mempersiapkan diri dengan baik untuk menyongsong PPS yang akan dilaksanakan selama dua hari yaitu pada tanggal 25 Januari dan 26 Januari 2018. Hari ini, Mr dan Mrs Saint Paul dari 11 IPA 4 yaitu Nathan dan Vanessa juga terlihat sibuk untuk melatih bakat mereka. Semangat kawan! (David Kelas XI IPA 4)

BERANI BERORGANISASI ITU BAIK

Rabu (17/1/2018)–Hari ini merupakan salah satu hari yang penting bagi SMAK Santo Paulus. Ya, hari ini adalah hari pelantikan bagi pengurus OSIS SMAK Santo Paulus periode 2017/2018. Pelantikan ini disahkan dalam bentuk upacara bendera. Awalnya, pelantikan ini diawali dengan pembacaan kinerja para pengurus OSIS periode 2016/2017. Para pengurus OSIS yang baru ini dilantik oleh kepala sekolah, yaitu Rm. Denny. Upacara pelantikan hari ini berlangsung dengan baik. Selain itu, pelantikan ini juga disertai dengan pengucapan janji dari seluruh pengurus OSIS yang baru. Mereka diharapkan dapat melaksanakan tugas mereka dengan sebaik mungkin sehingga mereka dapat menjadi panutan bagi para teman-teman sekalian. Selain itu, pelantikan tadi juga disertai dengan sambutan dari ketua OSIS periode 2016/2017, Kakak Devon yang secara resmi telah memberikan jabatannya kepada Bertrand, Ketua OSIS periode 2017/2018. Acara serah terima juga disertai dengan pemberian atribut OSIS, berkas-berkas OSIS, juga bendera OSIS. Sekali lagi, selamat ya untuk teman-teman yang terpilih dan masuk menjadi pengurus OSIS! Semoga kalian bisa menjalankan tugas dengan baik tanpa ada halangan apapun, mampu bertanggung jawab, dan mampu membanggakan nama baik SMAK Santo Paulus Jember. Keep fighting guys, success! (Natasha – XIS3 / 23)

PERSIAPAN UPACARA PELANTIKAN OSIS

Selasa, (16/1/2018) – Pada hari ini, setelah pulang sekolah, anggota paskibra dan calon pengurus OSIS melakukan gladi bersih untuk kegiatan upacara bendera yang akan dilaksanakan besok pagi dalam rangka pelantikan pengurus OSIS tahun pelajaran 2017/2018. Semangat mereka terlihat jelas dari rangkaian latihan demi latihan di siang ini. Semoga upacara besok berjalan lancar (M.Agatha / X IPS 4).

BIOLOGI JUGA MENARIK

Senin (15/1/2018)-  Pelajaran Biologi di kelas X IPS 2 hari ini seru sekali karena para murid disuruh membuat prensentasi secara berkelompok. Presentasi kali ini bertema “ANIMALIA”. Pada jam ke-6 dan ke-7, kelas X IPS 2 diajak untuk berdiskusi dan menariknya, kegiatan pemelajarannya dilakukan di perpustakaa. Tujuannya adalah mempermudah para murid untuk mencari informasi yang kami perlukan. Setelah berdiskusi, pada jam terakhir kami diminta untuk mempresentasikan hasil diskusi yang sudah dilakukan, menarik kan??? (Keiko X IPS2)