Monthly Archives: November 2017

PESTA DEMOKRASI SANTO PAULUS!!

Sabtu (25/11/2017)–Hari ini SMAK Santo Paulus mengadakan pestra demokrasi. Setelah melewati berbagai proses seleksi yang panjang, akhirnya hari yang dinanti-nantikan ini tiba. Hari ini semua keluarga besar SMAK Santo Paulus diajak untuk memberikan suaranya untuk turut menentukan Ketua OSIS SMAK Santo Paulus periode 2018/2019. Sejak pagi hingga siang, para murid bergantian untuk ‘mencoblos’ kandidat pilihan mereka sebagai bentuk dukungan agar kandidat merekalah yang menjadi Ketua OSIS SMAK Santo Paulus. Antusiasme warga SMAK membuat acara hari ini berlangsung meriah namun juga penuh kehati-hatian. Hingga akhirnya, saat penghitungan suara, suara terbanyak diraih oleh Bertrand Cleviandro (XI-IPA)  dan suara terbanyak kedua diraih oleh Michael Tjipto (X-IPA). Semoga orang-orang terpilih ini mampu mewujudkan visi dan misi mereka yang luar biasa! Selamat berkarya!! (Della R. Kelas XI IPS 4/11)

MENGIKUTI PENYULUHAN OTORITAS JASA KEUANGAN

Jumat (24/11/2017)–Pagi hari ini beberapa perwakilan murid Kelas X SMAK Santo Paulus mengikuti penyuluhan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Kegiatan ini diadakan pada jam pelajaran mulai dari jam ke-4 hingga ke-5 di ruang diskusi. Sekitar 20 murid ditunjuk sebagai perwakilan. Tentunya, selama kegiatan ini berlangsung, murid-murid sangat antusias dalam mengikuti penyuluhan ini. Semoga kegiatan ini membawa dampak positif bagi kita semua (Hana Luh Kelas XI IPA).

PEMBELAJARAN BERBASIS KOMPUTER

Rabu (22/11/2017)–Sering kali kita jenuh dengan pembelajaran searah yang sering dilakukan oleh guru pada umumnya. Biasanya, kita hanya dihadapkan dengan pembelajaran formal yang terkesan sebagai rutinitas belaka. Namun, di SMAK Santo Paulus, pembelajaran dilakukan lebih bervariasi. Saat ini, SMAK Santo Paulus sedang mengembangkan sistem pembelajaran berbasis komputer. Banyak pengajar di SMAK Santo Paulus  menggunakan kecanggihan teknologi untuk memberikan materi kepada para murid. Misalnya dalam pembelajaran Matematika. Bapak Goodman selaku guru Matematika sering kali memberi muridnya tugas lewat quipper maupun lewat blog pribadinya. Tidak hanya itu, guru-guru lainnya juga banyak memberi materi pembelajaran lewat email maupun blog pribadi yang dapat diunduh secara cuma-cuma. Jadi, pembelajaran tidak hanya diterima siswa selama di sekolah saja. Namun di luar sekolah, murid juga dapat mengakses pembelajaran melalui blog pribadi guru maupun media pembelajaran lainnya (Dela Kelas XI IPS4).

DEBAT CALON KETUA OSIS YANG MENDEBARKAN

Selasa (21/11/2017)–Setelah Sabtu, 18 November 2017 para kandidat OSIS melakukan kampanye ke tiap-tiap kelas, hari ini Selasa, 21 November 2017 diadakan debat calon ketua OSIS. Debat ini diadakan di GOR SMAK dan diikuti oleh seluruh warga SMAK. Pada debat hari ini, keempat calon ketua OSIS, yaitu Jeniffer, Michelle, Bertrand , dan Michael, kembali mengkampanyekan visi dan misi serta kegiatan unggulan mereka. Selain itu, juga diadakan debat antar kandidat yang dipandu oleh Della (anggota OSIS lama). Para kandidat saling memberikan pertanyaan berkenaan dengan visi misi mereka. Selain itu, para juri yaitu Bapak Octo, Bapak Guntur, dan Bapak Miko juga turut memberikan pertanyaan kepada para kandidat. Keempat kandidat berusaha menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diberikan kandidat lain maupun pertanyaan dari juri dengan sebaik mungkin. Bahkan, saat debat telah selesai, Bertrand Cleviandro, sebagai kandidat nomor 3 mengaku deg-deg-an selama debat berlangsung. Semangat para kandidat! Majukan OSIS SMAK! (Della Kelas XI IPS4 dan Keiko Kelas X IPS2)

BERLATIH PADUAN SUARA

Jumat (17/11/2017)–Siang hari ini para murid Katolik SMAK Santo Paulus mengikuti latihan paduan suara gereja untuk penampilan di misa beberapa minggu ke depan. Latihan ini diadakan di aula SMAK Santo Paulus yang kebetulan merupakan tempat ibadah sementara karena Gereja Santo Yusuf sedang direnovasi. Latihan ini tidak hanya diikuti bagi murid katolik, murid non-katolik juga diperbolehkan mengikutinya. Meskipun latihan diadakan bertepatan dengan jam Katolisitas, kegiatan Katolisitas tetap berjalan seperti biasa walau ada beberapa murid yang mengikuti latihan ini (Helen Kelas XI IPS).

MENJADI CERMAT BERSAMA INTERNET

Kamis (16/11/2017)–Siapa yang pada zaman ini tidak membutuhkan sebuah fasilitas internet? Tentunya, banyak orang  membutuhkan interneti terutama bagi kalangan pemuda dan remaja yang tergolong generasi teknologi. Namun, teknologi diciptakan agar kita lebih selektif lagi. Maksudnya, kita boleh saja menggunakan internet tetapi kita menggunakannya untuk tujuan yang positif, bukan malah menyalahgunakannya. Kali ini, 16 November 2017, sekolah kita kedatangan tamu dari Telkom Indonesia yang ada di Kota Jember. Tujuan pihak telkom datang ke sekolah kita adalah untuk melakukan sosialisasi tentang pentingnya internet beserta manfaatnya dan tentang cara berlangganan wifi bagi yang berminat.

Dari informasi yang disampaikan oleh pihak telkom, murid-murid SMAK Santo Paulus dapat menambah informasi tentang bagaimana internet di masa sekarang dan supaya kita dapat memanfaatkan dan menghemat biaya dalam penggunaan internet. Telkom juga menawarkan beberapa program dan fasilitas untuk menghemat biaya internet namun dengan kecepatan akses yang sudah maksimal. Hanya dengan tarif Rp 35.000,00/bulan, kita sudah bisa mengakses internet dengan cepat, yaitu dengan kecepatan 100 Mbps. Selain itu, pihak telkom juga mengadakan sesi tanya jawab. Bagi para siswa yang aktif bertanya tentang materi yang sudah dipresentasikan oleh pihak telkom, mereka akan mendapatkan voucher gratis. Lalu, tunggu apa lagi? Mari kita jbentuk sebuah generasi yang berkualitas melalui pemanfaatan teknologi dan internet secara positif! (Nathasha Kelas XI IPS)

LOMBA RESENSI ANTARKELAS

Jumat (10/11/2017), Perpustakaan SMAK Santo Paulus mengadakan kegiatan lomba menulis resensi buku perpustakan 2017. Untuk tahun ini, tema yang diangkat adalah “Menuju Indonesia Cerdas melalui Buku Sang Sumber Ilmu”. Sebenarnya, proses lomba ini sudah dimulai sejak bulan lalu. Dari sekian banyak peserta yang mengikuti lomba resensi, Perpustakaan SMAK Santo Paulus Jember hanya memilih enam resensi yang dianggap paling baik di antara yang baik. Kriteria penilaian lomba resensi untuk hari ini dilihat dari kemahiran mereka dalam berpresentasi. Keenam orang yang terpilih sebagai pemenang lomba resensi ini adalah  Jeremy Lovendianto Kelas XI IPA 2 sebagai Juara 1, Shandra Bella R. Kelas XI IPA 2 sebagai Juara 2, Samuel Eluzai Y.  Kelas XI IPA 2 sebagai Juara 3, Felicia A.H. dari Kelas XII IPA 4 sebagai Juara Harapan 1, Michael Sthepanus R. Kelas XII IPA sebagai Juara Harapan 2, dan Melisa Sidharta dari XI IPS 5 sebagai Juara Harapan 3. Proficiat kepada para pemenang. Bagi yang belum mendapatkan juara, tetap semangat ya, kawan-kawan!!! (Keiko Kelas X IPS 2).