Monthly Archives: July 2017

LENGKAPI ILMU LEBIH MENDALAM

mam

Bahasa Inggris merupakan salah satu pelajaran yang sulit. Namun, hal itu tidak akan terjadi lagi jika orang tersebut rajin untuk mempelajarinya. Ada banyak hal yang dapat dipelajari dalam Bahasa Inggris. Salah satu hal tersebut adalah Grammar.

Senin, 31 Juli 2017, Mam Hedwig, salah satu guru Bahasa Inggris memberikan waktu khusus bagi murid yang diajarnya untuk belajar lebih dalam lagi. Kegiatan ini dimulai sekitar pukul 06.30 hingga pukul 06.55. Kegiatan ini sudah berlangsung sejak lama. Mam Hedwig biasanya akan berdiam di salah satu kelas yang diajarnya. Lalu, para murid dari beberapa kelas yang diajarnya akan datang ke kelas tersebut untuk belajar ataupun untuk mengumpulkan tugas.

Kegiatan ini pun bukan kegiatan yang bersifat memaksa. Namun, kegiatan seperti ini sangatlah berguna bagi para murid, khususnya bagi murid yang belum terlalu menguasai Bahasa Inggris dan tidak mengikuti les apapun. Dalam kegiatan ini, Mam Hedwig juga akan menuntun para murid untuk lebih mendalami tentang hal yang tidak dimengerti. Selain itu, para murid juga diizinkan untuk bertanya tentang materi secara lebih dalam kepada Mam Hedwig. Kegiatan ini juga dapat menambah minat para murid terhadap Bahasa Inggris dan membuat para murid lebih rajin karena mereka selalu mempelajarinya setiap hari baik di rumah maupun di sekolah (Tasya Kelas XII IPA).

PEMANFAATAN SISA MAKANAN

KOMPOS
Sabtu (29/07/2017)–Baru-baru ini, semua warga SMAK Santo Paulus akan menemukan bak kecil di depan kantin sekolah kita. Gunanya adalah untuk menampung sisa-sisa makanan para murid SMAK Santo Paulus agar tidak terbuang sia-sia. Sisa-sisa makanan yang semula kita anggap sebagai limbah ternyata dapat memberikan manfaat bagi kesuburan tanah. Kira-kira dapat digunakan untuk apa ya? Ternyata sisa-sisa makanan ini dapat diolah sebagai pupuk kompos. Sistem pengolahan sisa makanan itu disebut closed-loop. Nah, ini adalah salah satu tindakan sederhana yang dapat kita lakukan untuk menanggulangi sampah yang ada di sekitar kita (Shella Kelas XII IPA)

SELEKSI TIM LOMBA BASKET 2017

BASKET

Pada hari ini (28/7/2017), Tim Lomba Santo Paulus mengadakan seleksi untuk Tim Lomba Basket sekolah. Seleksi ini didakan untuk murid-murid kelas 10 yang berniat untuk lebih serius dalam basket. Seleksi ini dibagi dalam dua kelompok yaitu untuk murid putri dan putra. Seleksi murid putri dimulai pada pukul 11.30 sedangkan seleksi murid putra dimulai pada pukul 12.30. Guru yang menyeleksi pada hari ini adalah Bapak Putu selaku pembina Tim Lomba Basket. Hasil dari seleksi Tim Lomba Basket putri ini adalah Maria Angela R., Martina C.C., Lisa Nathalia, Jennifer Gwie, Elisabeth, dan Verena Amelia. Untuk Tim Lomba Basket putra, murid yang berhasil adalah Owen B.W., Vincent F., Nathanael Kita, Menahem Yehuda, dan Michael Tirta. Selamat atas diterimanya sebagai pendatang baru TL Basket, kawan-kawan. Jangan lupa, buatlah SMAK Santo Paulus menjadi bangga dengan prestasi-prestasi yang kalian ukir! (Erin Kana XIIA2/14)

AGENDA REKAMAN LAGU MOM 2017

PING
Meski MOM 2017 telah usai, tugas kakak – kakak tutor MOM 2017 belumlah usai. Mereka masih mengemban tugas baru yaitu berupa melakukan rekaman semua lagu dan gerakan yang digunakan selama MOM 2017 , baik apel bagi hingga apel pulang.
Hari ini, Kamis, 27 Juli 2017, para kakak tutor yang telah ditunjuk oleh Sie Creative Lagu MOM 2017 berkumpul di Studio Band SMAK SANTO PAULUS JEMBER untuk melakukan rekaman. Para pemain musik juga turut mengambil bagian. Walaupun Studio Band SMAK SANTO PAULUS JEMBER tidak begitu luas, para pemusik dan kakak tutor tetap antusias melakukan rekaman.
Rekaman ini dilakukan dengan tujuan untuk menyimpan dan mengarsipkan lagu dan gerakan MOM 2017 ini rencananya akan diunggah ke YouTube. Rekaman ini juga mulai diadakan sebagai agenda tahunan sejak MOM 2016 tahun lalu (Axel Jeremmy Lee Kelas XII IPA)

MENGASAH JIWA NASIONALIS MELALUI LAGU KEBANGSAAN

LAGU
Mungkin selama ini, kita hanya mengenali lagu Indonesia Raya bagian stanza yang pertama saja. Namun, siapa yang tahu bahwa lagu Indonesia Raya memiliki 3 stanza?
Pudarnya rasa nasionalismenya pada diri generasi muda saat ini, Kemendikbud membuat aturan bahwa setiap harinya sekolah harus menyanyikan lagu Indonesia Raya dan lagu-lagu kebangsaan. Ketentuan itu berlaku untuk semua sekolah dan semua jenjang pendidikan dan tentunya SMAK Santo Paulus sangatlah mendukungnya. Setiap pagi, para murid diajak untuk menyanyikan lagu Indonesia Raya sedangkan sepulang sekolah para murid diajak untuk membaca butir-butir sila dan melantunkan lagu nasional. Hal ini diterapkan demi menghasilkan generasi muda yang memiliki rasa nasionalisme yang tinggi (Della Kelas XI IPS).

DESAIN BARU BUKU PRESTASI DAN DISIPLIN

BUKU-TATIB

Berbeda dengan desain buku prestasi dan disiplin tahun ajaran 2016/2017, kini buku tersebut didesain dengan warna cerah dan dibubuhi logo SMAK Santo Paulus. Sampul ini bisa dibilang meningkatkan kreativitas dan imajinasi karena buku tersebut menghadirkan kesan ceria dan sangat berwarna. Tak lupa juga, kini halaman bagian dalam juga telah ditambah dengan butir-butir Pancasila, Lagu-Lagu Nasional, Lagu Indonesia Raya dengan tiga stanza, serta Hymne SMAK Santo Paulus. Nampaknya, buku tatib pada tahun ini cukup banyak mendapatkan penambahan isi (Eulalia Czesarina W. / XI-A3/09).

HADIRNYA KEMBALI PELAJARAN PKN DI KELAS XII

PKN

Pada hari Senin, 24 Juli 2017 murid kelas XII IPA 4 mengakhiri hari di sekolah dengan pelajaran PKN. Murid kelas XII IPA maupun IPS mendapatkan pelajaran PKN 4 jam pelajaran dalam seminggu. Murid kelas XII harus mengejar materi PKN secepat mungkin karena sewaktu kelas XI mereka tidak mendapatkan pelajaran PKN. Akibatnya, kini mereka harus dapat mempelajari materi PKN kelas XI dan XII dalam semester ini. Kelas XII IPA 4 belajar PKN dengan pendampingan Bu Tanti. Bu Tanti mengharapkan agar murid kelas XII dapat menerapkan pelajaran PKN dalam kehidupan sehari – hari. Murid kelas XII harus lebih giat dan bersemangat dalam belajar karena mereka harus mengejar materi secepat mungkin. Semangat teman – teman! (Rachellia Yunike Gisella kelas XII IPA 4/26)