Category Archives: Kesiswaan

KEMBALI BERLATIH BERSAMA DI GOR SMAK

bima

Hari ini (15/11/2016), tim barongsai SMAK Santo Paulus kembali berlatih bersama tim reog dari SMA Bima Ambulu. Latihan kali ini bertempat di GOR SMAK Santo Paulus. Para murid yang menjadi anggota barongsai dipersilakan untuk meninggalkan kelas mulai jam ke 3 untuk mengikuti latihan. Tampak beberapa coach membimbing latihan pagi ini. Di antaranya kak William, kak Richard, kak Johan, kak Indra, kak Adrian, kak Reza serta beberapa pelatih dari Kediri dan SMA Bima sendiri. Walaupun cuaca sedikit kurang mendukung di siang tadi, semangat para anggota barongsai dan reog tidak pudar. Mereka tetap bersungguh – sungguh menjalani latihan (Devon Kelas XI IPA1)

KEGIATAN PEMBELAJARAN PKN YANG MENGGEMBIRAKAN

della

Kegiatan pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMAK Santo Paulus memang selalu menyenangkan. Pada pembelajaran kali ini (24/10/2016), para murid kelas X-IPS4 diberi tugas untuk presentasi di depan kelas tentang upaya pemajuan, penghormatan, dan perlindungan Hak Asasi Manusia (HAM). Para murid dibagi menjadi 6 kelompok dan tiap kelompok beranggotakan 5-6 orang. Murid-murid terlihat senang dan mudah menerima materi pembelajaran .Hal ini terlihat dari antusiasme murid-murid untuk bertanya dan memberi tanggapan saat kelompok-kelompok lain mempresentasikan hasil kerja mereka. Dari pembelajaran ini, diharapkan murid mampu untuk lebih menghargai Hak Asasi Manusia dan lebih menegakkan Hak Asasi Manusia dalam kehidupan sehari-hari (Della Kelas X).

Valentine Day’s, 25 Februari 2010.

1224uuOSIS Smak St. Paulus menyelenggarakan salah satu program kegiatan rutin yang diperuntukkan anak muda, yaitu “Hari Kasih Sayang”. Acara ini  terselenggara pada hari Kamis, 25 Februari 2010 mulai pukul 17.00 wib. Acara yang dikemas dalam bentuk hiburan, games-games menarik, dan stand-stand makanan ini memenuhi selera siswa-siswi SMAK St. Paulus.  Diantaranya pemilihan Valentino dan Valentina  di akhir acara. Pemilihan ini berdasarkan pengamatan panitia terhadap pengunjung yang hadir tanpa terkecuali – siswa smak st. paulus atau bukan – yang memenuhi kriteria : busana yang sesuai tema. Tak ketinggalan juga acara “polonize”.

Galeri foto bisa dilihat di sini.

Pesta Pelindung Sekolah (PPS 2010)

Misa syukur diimami oleh Rm. Deny O.Carm

Misa syukur diimami oleh Rm. Denny O.Carm

Pesta Pelindung Sekolah SMAK St. Paulus Jember tahun 2010 jatuh hari Senin, 25 Januari 2010. Perayaan ini melibatkan seluruh komponen SMAK St. Paulus dari Romo, para bruder, para guru dan karyawan, dan seluruh murid SMAK St. Paulus. Perayaan ini juga menjadi kesempatan bagi para alumni untuk datang ke almamater tercinta dan bergembira bersama sebagai keluarga besar SMAK St. Paulus.

Agenda ini merupakan agenda rutin dari program OSIS SMAK St. Paulus Periode 2010/2011.  Acara tanggal 25 Januari 2010 meliputi :

[nggallery id=7]

1. Misa Syukur, (bagi murid non katolik : refleksi pribadi di kelas)

[nggallery id=9]

2. Lomba Mr. and Mrs. Saint Paul,

[nggallery id=11]

3. Lomba Majalah Dinding 3 dimensi, dan

[nggallery id=10]

4. Lomba Memasak (bahan ubi jalar dan gula merah)

Tema PPS tahun 2010 adalah “Indonesia Kaya”. Kegiatan lomba wajib diikuti oleh murid kelas X dan XI. Dewan juri dari para guru yang kompeten dengan kegiatan ini.

Satu minggu sebelum 25 Januari 2010, tiap pagi sebelum dimulai pelajaran diadakan novena Santo Pulus. Doa bersama ini dimaksudkan agar seluruh keluarga besar SMAK St. Paulus dapat menghayati dan mengamalkan semangat dari  Santo Paulus.

Hasil lomba :

Donor Darah

Kamis, 21 Januari 2010

Pelaksanaan program aksi sosial yang dilakukan oleh OSIS SMAK St. Paulus Jember periode 2009/2010 dilakukan rutin tiap tahunnya. Untuk tahun 2010 ini dilaksanakan hanya 1 hari karena keterbatasan waktu dan kesibukan yang lain.  Donor darah dilaksanakan hari Kamis, 21 Januari 2010 bertempat di Ruang UKS yang diikuti sebanyak 30  murid dan 3 guru.  Mayoritas pendonor adalah kelas XII, karena ada batasan umur untuk menjadi pendonor.

Ditengah-tengah padatnya jam sekolah yang diisi pelajaran-pelajaran penuh, khususnya murid kelas XII yang sedang belajar keras persiapan UNAS, mereka mau untuk memberikan “setetas darah untuk menyelamatkan jiwa sesama”.  Dengan program ini, murid SMAK secara langsung dikenalkan dan dilibatkan untuk peduli dengan sesamanya.

[nggallery id=6]

UPACARA PELANTIKAN OSIS

_upacara1Pembina dan pengurus OSIS tahun pelajaran 2009/2010 dilantik  oleh Kepala Sekolah Br. A. Sumardi saat Upacara Bendera khusus hari Rabu, 13 Januari 2010. Upacara bendera dihadiri oleh semua Guru dan murid SMAK St. Paulus Jember. Dengan upacara ini berakhirlah kepengurusan OSIS  periode sebelumnya.

Kepada pengurus lama Bruder Kepala Sekolah menekankan pentingnya memiliki kebanggaan atas hasil atau prestasi yang sudah dicapai. Rasa tanggung jawab akan memungkinkan setiap orang membenahi kelemahan yang dimiliki sehingga dapat menjadi lebih baik di kemudian hari. Sedangkan bagi pengurus OSIS baru, Bruder Kepala Sekolah menekankan pentingnya sikap tanggungjawab atas apa yang telah dipilih. Menjadi pengurus OSIS berarti mau berbuat lebih untuk diri sendiri dan sekolah.

[nggallery id=3]

Foto : Petrus, Nikon D80, Tokina 12-24 f/4