Category Archives: kegiatan

TAMU ISTIMEWA DARI WASHINGTON, DC, USA

usa

Kamis (17/01/2019), SMAK Santo Paulus kedatangan tamu istimewa. Tamu tersebut berasal dari USA. Kalian sudah tau nggak siapa beliau? Beliau adalah salah satu Romo Projo bernama Fr. Leo Lefebure. Beliau mengajar di Georgetown University Washington, DC, USA. Acara yang disiapkan oleh SMAK Santo Paulus ini diawali oleh pertunjukan barongsai, gamelan dan tari, dan juga SPV yang merupakan ekstrakurikuler di sekolah ini. Seluruh pengisi acara pada acara ini merupakan murid dari SMAK Santo Paulus. Tema yang diambil untuk acara ini yaitu ” Educating to Inter-Cultural and Inter-Religious Dialog in Catholic School “. Romo Leo mengajarkan kami para murid SMAK Santo Paulus untuk bisa menghargai perbedaan budaya dan agama yang ada di sekitar kita. Acara ini tidak hanya berisi pengajaran akan menghargai perbedaan. Namun, kami juga diberikan kesempatan untuk memperkenalkan budaya asli Indonesiaseperti makanan dan kue tradisional, bahasa daerah, pakaian adat, lagu daerah, dan permainan tradisional asli Indonesia. Tidak lupa juga kami memperkenalkan cara pembuatan dan jenis- jenis batik Indonesia yang sudah terkenal hingga ke mancanegara. Semoga kegiatan ini memberikan manfaat bagi kita semua ya kawan-kawan (Oliana Fleurentcia Kelas XIS 1/23).

BELAJAR RENANG???

Rabu (16/01/2019)– SMAK Santo Paulus mengadakan pembelajaran renang di luar jam efektif sekolah untuk pertama kalinya. Wow… Ini adalah kegiatan pembelajaran Penjaskes yang sangat menyenangkan. Kegiatan renang sore ini dilaksanakan di Green Hill Homestay Swimming Pool. Kegiatan pembelajaran renang ini dimulai pukul 3 sore sampai dengan selesainya. Kelas yang mengikuti pada hari in adalah XIS-1 dan XIS-2. Kegiatan belajar di luar sekolah ini dibina oleh Pak Lukas dan Pak Putu. Pada awal kegiatan, murid-murid diajak untuk melakukan pemanasan agar tidak terjadi kram atau hal yang tidak diinginkan. Setelah it kami semua latihan pernapasan dengan berpasang – pasang. Lalu kami melakukan latihan kaki secara bersama – sama. Dilanjutkan dengan melatih tangan yang benar dalam berenang. Barulah setelahnya, kami berlatih renang dengan gaya bebas di hari pertama ini. Dan kegiatan pun diakhiri dengan evaluasi. Kami semua sangat senang karena dapat belajar sambil bercanda gurau. Kami juga dapat melakukan lompatan di wahana kolam. Sungguh menyenangkan sekali. Mengapa?? Karena pembelajaran penjaskes ini berbeda dengan pembelajaran penjaskes yang biasa dilakukan di sekolah. Kami dapat belajar sambil bermain dan tidak seformal saat pembelajaran di sekolah.

LATIHAN GAMELAN UNTUK MENYAMBUT TAMU DARI PAMAN SAM

Selasa (15/01/2019)–Sebagai tuan rumah yang baik, tentu saja kita harus memberikan sambutan yang maksimal untuk tamu kita. Bagaimana persiapan SMAK dalam menyambut tamu dari negeri Paman SAM tersebut? Salah satu persiapannya adalah dengan berlatih gamelan. Hari ini murid-murid SMAK Santo Paulus berlatih gamelan khusus untuk menyambut tamu yang spesial tersebut. Sekarang ini, para murid  SMAK Santo Paulus tengah mempersiapkannya diri dengan dengan baik sebagai persiapan penyambutan. Para peserta TL gamelan melakukan persiapan yang sangat baik agar mereka dapat tampil maksimal dan membanggakan sekolah. Tidak hanya gamelan saja, tim tari juga menampilkan Tari Sesonderan dan Tari Gamyong. Siapakah tamu spesial itu???  Tunggu tanggal 17 Januari 2019 yaa (Cindy Kelas XI IPA1).

CIND

BELAJAR BIOLOGI BERSAMA ADIK-ADIK SLB NEGERI JEMBER

JES

Senin (14/01/2019) – Pelajaran Biologi hari ini berbeda dari biasanya. Para murid kelas XIIA3 berkesempatan untuk belajar dan bermain bersama para murid SLB Negeri Jember pada jam pelajaran Biologi. Sesuai kelompok yang telah dibentuk, mereka memasuki kelas-kelas yang sudah ditentukan di SLB Negeri Jember. Kelas-kelas tersebut didasarkan pada jenjang dan kebutuhan khusus yang dimiliki oleh para murid SLB. Setelah berkenalan, para murid kelas XIIA3 membuat acara sendiri per kelompok dan membagikan makanan ringan.

Baik para murid SLB maupun para murid SMAK Santo Paulus tampak bahagia hari ini. Seluruh peserta kegiatan yang didampingi oleh Ibu Dina dan Ibu Justina ini belajar untuk saling menghargai dan mengasihi. Para murid kelas XIIA3 juga diajak untuk selalu bersyukur atas anugerah fisik sempurna yang telah Tuhan berikan. Pengalaman dan pengajaran hari ini terlalu berharga untuk dilupakan. (Jessica Stephanie Wijaya / XIIA3)

BELAJAR SAMBIL MEMPELAJARI BUDAYA JEMBER

IVANN

Senin (14/01/2019)–Di semester genap ini, pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan (PKWU) di kelas sepuluh diawali dengan membahas tentang wirausaha kerajinan dengan inspirasi objek budaya lokal. Hari ini, para murid kelas X IPA 3 mulai mengerjakan UKBM PKWU. Sebelum itu, Bapak Y.L. Joni menyampaikan sekilas materi dan mengarahkan para murid untuk membaca buku teks pelajaran. Kemudian, Bapak Y.L. Joni membagi murid-murid kelas X IPA 3 dalam beberapa kelompok di mana setiap kelompok terdiri dari empat murid. Mereka diminta untuk mengidentifikasi Jember, seperti artefak, bangunan, pakaian adat, alat musik, senjata, dan lain-lain. Mereka mengerjakannya dengan antusias (Ivan X MIPA 3)

BELAJAR LEBIH BERSEMANGAT DENGAN METODE BERMAIN

JANE

Sabtu ( 12/1/2019)- Pada zaman sekarang bahasa Inggris sangat dibutuhkan. Tahukah kalian teman – teman? Mengasah kemampuan bahasa Inggris tidak hanya dengan menonton film, mendengarkan lagu atau pun membaca novel, tetapi dapat dilakukan dengan bermain game. Seperti yang sering dilakukan oleh salah satu guru bahasa inggris SMAK Santo Paulus yaitu Mam Hedwig. Mam Hedwig mengasah kemampuan Inggris murid–murid SMAK Santo Paulus dengan cara bermain game karena dengan bermain game lebih mudah meningkatkan kemampuan bahasa inggris dan lebih mudah dimengerti oleh murid serta dengan adanya game. Murid – murid lebih semangat untuk belajar bahasa Inggris karena tidak membosankan. (Jane Ignacia. S / XS1)

PENDATANG BARU DI TL BASKET SMAK SANTO PAULUS

Jum’at (11/01/2019)- Tim lomba basket SMAK Santo Paulus Jember melaksanakan latihan pertama untuk semester genap. Latihan dimulai pukul 13.00 WIB. Panas terik yang mewarnai hampir seluruh kota Jember pada hari ini tidak sedikitpun mematahkan semangat dari para anggotanya. Pak Putu, selaku pembina tim lomba basket memperkenalkan dua anggota yang baru saja bergabung bulan ini. Elizabeth Setiawati Gunawan, kelas 10 IPS 3 dan Vanessa Louise Paramban, kelas 10 IPS 4 adalah pendatang baru dari hasil perekrutan oleh Bapak Putu.Perekrutan ini sendiri dilakukan Pak Putu dalam rangka mempersiapkan anak kelas 10 dalam Tim Lomba basket, alasan lain juga karena untuk menambah jumlah pemain yang kebetulan kekurangan dua pemain,sehingga mereka dapat memperbaiki kekuatan yang kurang dalam tim lomba tersebut. Saat ditanya tentang bagaimana perasaannya saat terpilih dari perekrutan anggota tim lomba basket, siswi cantik yang akrab disapa Icha ini menjawab “Awalnya kaget,karena aku ndak nyangka bakalan di rekrut.Awalnya juga sempet ragu tapi arek-arek mbek Pak Putu juga kasih keyakinan pigi aku. Jadi yawes lah jalani ae,dicobak satu semester dulu.“ Pak Putu memilih Vannes dan Icha bukan karena sembarang memilih. Namun, beliau meninjau dan mengawasi perkembangan pembelajaran selama 6 bulan di semester lalu. Selain itu, Pak Putu juga mengaku bahwa ia mendapatkan informasi dari berbagai sumber mengenai dua anak didiknya ini.Dari semua hasil yang didapatkan Pak Putu menyimpulkan bahwa Icha dan Vannes lah yang berpotensi untuk menutup kekurangan tim lomba basket putri di SMAK Santo Paulus Jember. Pak Putu  menaruh harapan yang sangat besar untuk Icha dan Vannes. “Yaa.. semoga mereka berdua bisa mengembangkan skill nya di TL, dan mereka bisa menambah kekuatan TL nya,pokok intinya harus tetap semangat!” tutup Pak Putu pada akhir wawancara (Kezia Keren Sutejo XS1/21).