Category Archives: kegiatan

KOMPETISI MAKIN SEMARAK

Setelah lebih dari seminggu berjalan, SPF kali ini nampak makin semarak dengan ketatnya kompetisi pada pertandingan basketnya. Sama seperti hari ini, kedua belah pihak yang akan berlawanan nampak sangat berapi-api untuk melakukan pemanasan sebelum bertanding. Mereka juga mengecek bagan pertandingan dan menganalisis lawan bersama para pelatih. Tak hanya di kalangan peserta, suporternya pun turut berkompetisi dalam yel-yel dan memberi semangat pada tim yang bertanding. Ayo jiwa muda, kita harus belajar untuk menumbuhkan semangat kompetitor yang baik tentunya dengan menjunjung tunggi sportifitas dan kejujuran ya (Alia Kelas XI IPA).

EXPO PERGURUAN TINGGI

Sabtu, 14 Oktober 2017– SMAK Santo Paulus Jember sedang mengadakan Expo Perguruan Tinggi. Penyelengaraan kegiatan ini bertujuan sebagai rantai informasi agar para siswa sekolah SMAK Santo Paulus tidak kesulitan dalam mencari informasi mengenai perguruan tinggi. Selain bisa bertanya langsung pada stan-stan perguruan tinggi, murid juga dapat mendengar penjelasan saat presentasi yang dilakukan disetiap kelas. Setiap perguruan tinggi memang diberi kesempatan mempresentasikan berbagai jurusan, fasilitas dan kelebihan universitas masing–masing. “Expo perguruan tinggi ini sangat bermanfaat sekali untuk kami karena kami jadi semakin tahu fakultas dan jurusan yang akan kami tentukan” ujar Raymond saat ditanya tim jurnalistik. Kegiatan ini sebenarnya tidak hanya untuk murid Kelas XII. Murid kelas X dan XI juga dapat memanfaatkan kegiatan ini untuk mempersiapkan ke depannya (Irfan Kelas XI IPS).

MENAMBAH ILMU DENGAN MEMBACA

Rabu, 11 Oktober 2017 – Jam membaca merupakan kesempatan wajib bagi seluruh murid  dan guru SMAK Santo Paulus untuk membaca buku bacaan selain buku pelajaran. Waktu untuk membaca buku dilakukan pada setiap seminggu sekali. Setiap jam membaca, para murid membaca buku di kelas masing-masing dengan didampingi oleh wali kelas masing-masing. Setelah dua kali mengikuti jam membaca, para murid wajib mengumpulkan hasil membaca mereka berupa resensi buku yang diserahkan kepada wali kelas untuk dinilai.
Perpustakaan SMAK Santo Paulus juga menyediakan berbagai jenis buku yang dapat dipinjam oleh siswa untuk dibaca saat jam membaca. Sekolah sangat memfasilitasi siswa untuk aktif membaca, hanya diperlukan rasa ingin tahu dan niat membaca dalam diri setiap murid SMAK. Dengan banyak membaca, kita akan mendapat tambahan ilmu pengetahuan dan menambah wawasan. Murid diharapkan untuk tidak hanya menambah ilmu dari buku pelajaran saja tetapi juga menambah ilmu lain, misalnya tentang hobby atau bakat siswa. (Jessica Stephanie Wijaya/XIA2)

TURUT MERAMAIKAN SPF MELALUI BAZAR ANTARKELAS

AGATHA
Selasa, 10 Oktober 2017 – Untuk memeriahkan acara Saint Paul Festival (SPF), setiap kelas diwajibkan untuk berpartisipasi dalam acara bazar. Kegiatan ini dilakukan dengan menjual makanan maupun minuman dalam stand milik kelas masing-masing. Kegiatan ini dilakukan di lapangan berumput SMAK Santo Paulus. Kegiatan bazar kelas ini diikuti oleh seluruh kelas. Namun untuk hari ini, kelas yang bertugas bazar antara lain kelas X IPS 3, X IPS 4, XII IPS 3, dan XII IPA 3. Kreativitas dari masing-masing kelas terlihat dari apa yang mereka jual. Selain itu, kekompakan  dan kerja sama antaranggota kelas pun juga semakin tampak (M. Agatha / X IPS 4).

BELAJAR MANDIRI DAN KREATIF BERSAMA OSIS

alia

Hai, pembaca setia dari web SMAK Santo Paulus. Kali ini kita akan membahas tentang OSIS. Tentunya kata OSIS sudah tidak asing dari pendengaran kita semua kan? OSIS yang memiliki kepanjangan Organisasi Siswa Intra Sekolah ini juga memiliki peran yang luar biasa di sekolah SMAK Santo Paulus Jember. Sejak tanggal 7 Oktober lalu hingga tanggal 22 Oktober beberapa pekan lagi, sebuah acara tahunan yang fantastis yaitu Saint Paul Festival (SPF) sedang dilaksanakan. Nah, inilah salah satu program besar yang dibuat dan dikerjakan oleh OSIS dan panitia yang yang terpilih. Tentu dalam acara ini para anggota OSIS dan panitia akan jadi luar biasa sibuk dan banyak pekerjaan. Mulai dari administrasi, ilustrasi, dekorasi, hingga ke kerja lapangan. Kelihatannya memang berat, tapi di sanalah mereka dibentuk untuk menjadi pribadi yang tahu waktu dan mandiri. Jadi ayo kita sebagai kaum muda belajar untuk berani mengekspresikan diri dan jangan takut untuk mengambil resiko. Salam hangat, Saint Paul Crew (Eualia Kelas XI IPA).

BELAJAR BERMAIN PERAN

DRAMA

Drama adalah kegiatan ekstrakurikuler yang segar dan baru ditawarkan pada  tahun ajaran 2017-2018 ini. Kegiatan ini dilaksanakan setiap Jumat. Meskipun peminatnya masih belum terlalu banyak, banyak pengalaman dan hal baru ditawarkan di ekstrakurikuler ini, seperti memulai kegiatan drama dengan latihan pemanasan mimik wajah dan pemanasan vokal yang dilatih oleh Bapak Bakti. Selain itu, para peserta ekstra diajak untuk bermain imajinasi. Tak lupa, ada hal yang harus dimiliki pemain drama yaitu kepercayaan diri dan konsentrasi di panggung. Hari ini, Pak Bakti mengajarkan dan melatih kepercayaan diri serta konsentrasi pada masing-masing peserta ekstrakurikuler. Koordinator dari kegiatan ini adalah Pak Ujang, guru bahasa Indonesia SMAK Santo Paulus (Christian Willson Kelas XI IPA).

SERUNYA MENDALAMI ILMU SOSIOLOGI

Rabu (4/10/2017)– Murid Jurusan IPS sudah pasti terkenal dengan kekhasan sosialnya. Itulah mengapa anak IPS tergolong sebagai siswa yang peka terhadap keadaan sekitar atau lingkungan sosialnya. Pada hari ini, di kelas XI IPS, kami semua antusias mempelajari tentang bagaimana caranya mengendalikan konflik sosial. Bu Agnes, yang merupakan guru Sosiologi kami juga dengan antusias mengajarkan dan membagikan ilmu yang beliau miliki kepada kami. Tentunya kita sebagai murid IPS harus memiliki kepekaan lebih terhadap lingkungan kita, serta memiliki motivasi lebih dalam menganalisis masalah-masalah sosial yang terjadi baru-baru ini.

Selain itu, penjelasan yang singkat, mudah dimengerti, dan sajian gambar yang menarik adalah ciri khas dari Ibu Agnes. Hal itu juga melatih pengetahuan kita untuk mengeksplor masalah-masalah sosial yang sekiranya mampu untuk dikendalikan dan ditanggulangi (Nathasha Kelas XI IPS).