Category Archives: kegiatan

HARI EFEKTIF TERAKHIR

Hari ini (Sabtu, 19 Mei 2018) menjadi hari terakhir terlaksananya proses belajar mengajar di kelas. Untuk itu, pada hari Senin esok akan diadakan Penilaian Akhir Semester (PAS) untuk menilai kemampuan para siswa-siswi SMAK Santo Paulus. Oleh karena itu, untuk menyongsong PAS genap, maka siswa-siswi SMAK Santo Paulus diminta untuk membersihkan tiap-tiap ruang kelas mereka masing-masing. Hari ini juga, siswa-siswi dipulangkan lebih awal untuk mempersiapkan PAS dan melunasi administrasi pelajaran, agar memudahkan guru-guru memasukkan nilai akhir. (Christian Willson XIA2/04)

PAGELARAN BUDAYA DI SMAK SANTO PAULUS

Sabtu (12/5/18) – Indonesia merupakan negara yang sarat akan budaya. Namun lambat laun budaya Indonesia menjadi pudar dan rawan akan kepunahan. Ironis memang melihat para remaja Indonesia yang lebih tertarik akan budaya barat dibanding budayanya sendiri.

Turut mengambil andil dalam mengatasi permasalahan ini, SMAK Santo Paulus mengadakan lomba karawitan dan tari antar kelas yang diikuti oleh kelas X dan XI yang juga dinilai sebagai penilaian akhir mata pelajaran bahasa Jawa. Perlombaan yang dimenangkan oleh kelas XIA2 sebagai juara pertama dari kelas XI dan kelas XA3 sebagai juara umum dari kelas X ini diikuti oleh seluruh kelas dengan antusias. Tak hanya menyiapkannya dengan berlatih, setiap kelas juga menyiapkan kostum dan riasan mereka agar terlihat sempurna.

Disamping lomba karawitan dan tari, SMAK juga mengadakan lomba film yang diikuti oleh kelas XI yang juga dinilai sebagai tugas akhir dari mata pelajaran sinematografi. Setiap kelas rela meluangkan banyak waktu mereka untuk membuat film disamping kewajiban mereka dalam belajar. Lomba yang juga dihadiri oleh para wali murid dan alumni SMAK tersebut berlangsung meriah. Acara yang diadakan dari sore hingga malam hari ini ditutup dengan pengumuman pemenang lomba film, yaitu film dari kelas XIA4 dengan judul “Memoir” yang mengangkat cerita romansa sepasang insan muda yang juga sukses membuat “baper” para juri dan penonton, disusul kelas XIA3 yang meraih juara 2, serta kelas XIS2 yang merupakan satu-satunya kelas yang menampilkan genre film yang berbeda dari kelas lain, yaitu horor. Mari kita menjadi generasi muda yang mencintai budaya Indonesia yang tak lain tak bukan merupakan warisan negara ini! (Jessica Stephanie Wijaya/XIA2)

GLADI BERSIH LOMBA

Jumat (11/05/2018)–Hari ini para murid kelas X maupun kelas XI melakukan gladi bersih untuk acara festival gamelan besok (12 Mei 2018). Setiap kelas diberi waktu masing-masing 10 menit untuk berlatih di panggung. Ada kelas yang dapat menyisakan waktu. Namun ada juga kelas yang kekurangan waktu karena kurang siap. Para murid berlatih dengan serius. Gladi bersih diakhiri dengan evaluasi dan pengumuman untuk besok (Hana Luh).

PERSIAPAN LOMBA SINEMA

Rabu (9/05/2018), hari merupakan batas pengumpulan film kelas sinema. Setiap kelas yang mengikuti acara lomba sinema mulai hari ini sudah siap menempelkan poster-poster dari masing-masing kelas dengan baik. Setiap kelas yang mengikuti lomba ini sudah mengumumkan judul film yang akan dilombakan dalam lomba sinema. Mereka mulai menyebarkan poster baik melalui media sosial maupun penempelan poster. Acara lomba sinema ini akan diadakan tanggal 12 Mei 2018 untuk memperebutkan gelar juara. Mari setiap masing-masing dari kita bersatu dalam kekompakan serta kreativitas dalam pembuatan film pendek ini agar dapat menambah pengetahuan dan ketrampilan dalam diri kita (Johanes Kelas XI IPS)

PERJUANGAN BELUM BERAKHIR

Selasa (7/5/2018)–Film tak ubahnya seperti puzzle rumit yang kemudian disusun menjadi satu kesatuan yang terdiri dari berbagai ragam unsur suara dan gambar. Gambar demi gambar dirangkai menjadi satu scene. Scene diikuti oleh scene-scene selanjutnya menjadi satu kesatuan yang di sebut dengan sequence, sequence ke sequence berikutnya dan hasilnya adalah suatu rangkaian gambar yang kita sebut dengan Film. Tujuan dasar editing adalah menyajikan suatu cerita dengan rangkaian yang jelas kepada penonton. Kegiatan rumit inilah yang sedang dikerjakan oleh murid-murid kelas XI SMAK Santo Paulus. Nah, nantinya film ini akan ditayangkan pada tanggal 12 Mei 2018 sebagai penialaian mata pelajaran Sinematografi. Selamat bekerja kawan-kawan!! (Irfan Kelas XI IPS)

WAWANCARA UNTUK PERSIAPAN MOM 2018

Senin (7/5/2018)–Siang hari ini OSIS SMAK Santo Paulus mengadakan tes wawancara untuk para murid yang telah mendaftarkan diri untuk menjadi panitia MOM tahun ini. Tes wawancara ini dilakukan sepulang sekolah di selasar kantin. Para murid yang mengikuti tes wawancara hari ini telah mengikuti tes tulis yang sebelumnya telah dilakukan pada hari Sabtu, 5 Mei 2018. Setiap murid diwawancara oleh seorang pengurus OSIS secara bergantian. Seperti tahun-tahun sebelumnya, para pengurus OSIS mengajukan beberapa pertanyaan seperti salah satunya yaitu penjajagan mengenai motivasi untuk mengikuti kepanitiaan. Kegiatan ini tentunya sangat bermanfaat bagi perkembangan murid dalam berorganisasi (Hana Luh Kelas XI IPA2)

GRADUASI SMAK SANTO PAULUS 2018

Jumat, 4 Mei 2018 diadakan graduasi di SMAK Santo Paulus. Graduasi  adalah proses pelepasan dan penyerahan kembali siswa/siswi yang telah lulus secara akademik dari pihak sekolah kepada pihak orang tua siswa. Hari ini adalah hari yang ditunggu-tunggu. Selamat kakak-kakak kelas XII. Selamat menempuh jenjang pendidikan yang lebih tinggi (Keiko Kelas X IPS2)