Category Archives: lain-lain

Website Resmi SMA Katolik Santo Paulus Jember

SMA Katolik Santo Paulus Jember

Selamat datang di website SMA Katolik Santo Paulus. Sekolah ini hadir sebagai sekolah unggul di kota Jember. Tradisi pendidikan Katolik yang kaya akan nilai dan mutu mewarnai seluruh proses pembelajaran di  SMA Katolik Santo Paulus.  Tahun 2010 ini, Santo Paulus genap berusia 59 tahun, usia yang tidak terlalu muda dalam lingkup dunia pendidikan di kota Jember. Saat ini  Santo Paulus telah melengkapi diri dengan sistem teknologi dan menejemen terkini, baik untuk sistem pembelajaran maupun sistem administrasinya. Dalam usaha menyediakan menejemen mutu yang akuntabel, Santo Paulus sedang menyiapkan diri untuk memperoleh sertifikat ISO 9001:2008. Kelengkapan dokumen dan kejelasan prosedur proses kegiatan ditata sedemikian rupa sehingga dapat dipertanggungjawabkan dan dapat dinilai. Audit internal maupun eksternal dilakukan secara cermat. Berbagai kerjasama dengan pihak luar juga semakin ditingkatkan. Semuanya ini dilakukan untuk meningkatkan mutu di setiap lini dalam proses pendidikan dan pembelajaran di sekolah ini.

Prom Nite 2010

2010promptniteSabtu malam, 22 Mei 2010 adalah saat amat sangat istimewa bagi murid kelas XII, guru, dan karyawan SMAK Santo Paulus Jember. Pada malam ini dilangsungkan pesta perpisahan. Kegiatan yang bertemakan “Dalam kebersamaan dan Persaudaraan Meraih Cita-cita ini dikemas begitu apik. Berbagai ungkapan dan wujud persaudaraan berpadu harmoni dengan cerah dan cerianya malam. Dalam sambutannya Rm. Denny, sang kepala sekolah menekankan pentingnya menjadi saksi kebenaran setelah lepas dari SMAK. Ia juga menekankan pentingnya membentuk alumni demi kelanjutan kekeluargaan warga SMAK. Pelepasan murid ditandai dengan pelepasan burung merpati. Sebagaimana burung merpati pada jaman Nuh menjadi saksi kebenaran, demikianlah para alumni SMAK.

Perayaan Paskah SMAK St. Paulus, Jember

tumpengPerayaan Paskah Kelompok Katolisitas dan katekumen SMAK. St. Paulus Jember dilaksanakan pada hari Jumat 23 April 2010. Perayaan ini diikuti oleh sekitar 150 murid, dan dihadiri oleh seluruh guru dan karyawan SMAK. Tema yang diambil dalam perayaan kali ini adalah Kesejatian Hidup dalam Keluarga. Tema ini diaplikasikan dalam berbagai kegiatan lomba. Lomba-lomba itu antara lain lomba menyanyikan Mazmur, Lomba Kotbah, lomba mencari telur, lomba fotografi, lomba musik kreatif, dan lomba menghias tumpeng. Selain diaplikasikan dalam lomba, tema juga diaplikasikan dalam ibadat pembukaan. dalam renungannya Br. Antonius mungsi menekankan pentingnya membangun keluarga atas dasar firman Tuhan. Secara khusus firman yang harus dihayati adalah mendengarkan, mengenal dan mengikut Tuhan (bdk. Yoh. 19. 27-30). Kebersamaan dan kekeluargaan tercipta manakala masing-masing komunitas katolisitas, katekumen dan guru-karyawan menikmati santap siang dari tumpeng yang telah dilombakan. Suasana guyup dan rukun yang mencerminkan kesatuan jemaat perdana begitu terasa. Suasana semakin meriah dan mendebarkan ketika mulai dibacakan para pemenang lomba.

Serah Terima Jabatan Kepala Sekolah.

u

Br. Mardi dan Rm. Denny.

Pada hari Sabtu 17 April 2010 telah dilaksanakan serah terima jabatan kepala SMAK St. Paulus. Jember. Disaksikan oleh pengurus Yayasan Sancta Maria Malang, para undangan serta segenap keluarga besar SMAK, Br. Antonius Sumardi selaku kepala sekolah lama menyerahkan tanggung jawab kepala sekolah kepada Rm. Antonius Denny. O. Carm. Dalam sambutannya Br. Mardi menekankan pentingnya regenerasi demi produktifitas yang lebih baik. Sedangkan sambutan Rm. Denny menekankan pentingnya belajar mengembangkan diri bagi para guru kalau ingin menjadi lebih baik alias tidak ketinggalan jaman.
Akhirnya sebagai wakil pengurus yayasan Rm. Servus Nuwa O. Carm menekankan pentingnya sinergi antara yayasan dan sekolah. Sinergi juga penting antara pembangunan fisik sekolah dengan kesejahteraan para penghuninya. Untuk selanjutnya Br. A.  Sumardi mengemban tugas yang baru sebagai formator di Novisiat Karmel, Batu. Sertijab dimeriahkan oleh paduan suara SPV dan diakhiri dengan santap siang bersama. Selamat jalan Bruder Mardi. Selamat menikmati tugas barunya.

Galeri foto ada di photography.saintpauljember.sch.id

Misa Malam Paskah 2010

headingSabtu, 3/4. “Pada hari ini Tuhan bertindak, mari kita rayakan dengan gembira.” Ribuan umat Katolik Jember memadati Perayaan Ekaristi Malam Paskah di Gereja St. Yusup, Jl. Kartini 26. Hujan lebat yang mengguyur Jember sejak sore tidak menyurutkan umat untuk berbagi kebahagiaan. Misa yang dipimpin oleh Rm. Heribertus Heru Purwanto. O. Carm dari Malang itu berlangsung khidmat dan khusuk.
Dalam kotbahnya Rm. Hery, demikian umat biasa memanggilnya menekankan pentingnya kegiatan mengenang. Pengenangan akan sesuatu yang baik akan memotivasi orang untuk memperbaiki hidup. Pengenangan akan karya Allah memungkinkan orang untuk bersyukur dalam hidupnya. Wujud syukur itu tampak dalam perilaku baik sesuai dengan kehendak Tuhan.

http://photography.saintpauljember.sch.id/

Doa bersama menjelang UNAS

berdoaPada hari Sabtu, 20 Maret 2010, SMAK mengadakan kegiatan doa bersama. Doa bersama diikuti oleh seluruh murid kelas XII. Selain bertujuan untuk memohon berkat Tuhan atas kelancara UNAS, doa ini juga bertujuan menanamkan nilai-nilai religius pada murid.
Menurut Bruder Sumardi, Kepala SMAK St. Paulus, nilai religius akan terwujud manakala murid bertindak jujur dan penuh tanggung jawab. Sebab manusia makluk religius yang takut akan Tuhan. Ia akan melaksanakan perintah Tuhan dan kemuliaanNya dengan berbuat jujur dan bertanggung jawab.
Kegiatan ini diakhir dgn upacara pemberkatan oleh Rm. Denny O.Carm. Berkat diberikan dengan percikan air suci pada semua murid dan lembar target nilai yang hendak dicapai.

Galeri foto bisa dilihat di sini.

Animasi Aksi Puasa Pembangunan (APP) 2010

Suasana presentasi Animasi APP 2010

Minggu, 17 Januari 2010, Kompleks SMAK Santo Paulus Jember digunakan oleh Gereja Katolik Santo Yusuf yang bekerja sama dengan Komisi Pewartaan Keuskupan Malang untuk kegiatan Animasi Aksi Puasa Pembangunan (APP) 2010.

Kegiatan diikuti oleh para ketua lingkungan/wilayah, stasi se Paroki Santo Yusuf ditambah anggota seksi pewartaan paroki-paroki se Regio Timur Keuskupan Malang. Tema APP tahun ini adalah “Kesejatian Hidup dalam Hubungan dengan Hidup Berkeluarga“.

Tujuan kegiatan ini adalah membekali para pengurus lingkungan dan pewarta paroki dalam memaknai masa Prapaskah sebagai persiapan Paskah, perayaan karya penyelamat manusia. Mungsi