Category Archives: Uncategorized

BERBAGI PENGALAMAN SOSIAL MELALUI MATA PELAJARAN SOSIOLOGI

PAK-GUNTUR

Rabu, (13/9/2017)- Jam pelajaran ke-5 di kelas X IPS 4 diisi dengan pelajaran Sosiologi. Di setiap pertemuan pelajaran, Pak Guntur selalu mengawalinya dengan sharing mengenai beberapa masalah atau berita yang berhubungan dengan pelajaran Sosiologi atau tentang kemasyarakatan. Hal yang di-sharingkan adalah berita atau permasalahan yang ada di lingkungan sekitar maupun yang sedang gempar di media sosial. Selain murid dapat aktif mengetahui berita atau permasalahan terbaru, hal ini dapat melatih murid untuk berpikir kritis dalam menanggapi suatu permasalahan yang ada. Demikianlah kekreativitasan guru SMAK Santo Paulus dalam mengajar. Menyenangkan bukan??? (M. Agatha / X IPS 4)

Remidial dan Classmeet

IMG_20170609_213652

Hari ini (09/06/2017) memasuki hari ke-2 kegiatan ClassMeeting. Beberapa murid SMAK Santo Paulus mulai mempersiapkan diri untuk bertanding sedangkan beberapa murid lainnya harus mengikuti kegiatan remedial. Kegiatan remedial kali ini merupakan kesempatan terakhir bagi para murid yang nilainya masih belum menginjak ketuntasan minimum. Murid-murid pun diharapakan lebih serius dalam mengikuti kegiatan remedial ini. Sehubungan dengan adanya kegiatan remedial, jadwal pertandingan pun sedikit mengalami perubahan. Hal tersebut terjadi supaya murid tetap dapat membagi waktu untuk memperbaiki nilai serta menjalin keakraban dalam kegiatan ClassMeeting. Fighting Guys!! (Yohanes M/XIA3 & Erin Kana XIA2)

Classmeet yang Ditunggu – Tunggu

Penilaian Akhir Semester telah selesai dilaksanakan. Kini, tiba saatnya melakukan kegiatan Class Meeting yang ditunggu-tunggu oleh para murid SMAK Santo Paulus. Kegiatan ini diadakan oleh OSIS SMAK Santo Paulus setiap semester setelah penilaian akhir semester. Kegiatan ini diadakan dengan tujuan melepas penat yang terbentuk selama PAS dan menjalin keakraban antar anggota kelas dan kelas lainnya.

Hari ini (08/06/2017), Class Meeting hari pertama dimulai. Kegiatan dimulai dengan pertandingan basket dan ditutup dengan pertandingan futsal. Kegiatan berlangsung seru dan kemeriahan penonton dan supporter yang semarak semakin mencairkan suasana dalam kegiatan tersebut. Seluruh kelas yang bertanding hari ini mempersiapkan diri serta merencanakan strategi untuk menampilkan permainan yang terbaik. Menang ataupun kalah merupakan hal yang harus terjadi tetapi hasil tersebut tidak menentukan kualitas kelas. Namun, semangat kebersamaan kekompakan, dan saling menghargai menjadi patokan kualitas. Semangat bertanding kawan-kawan. Tetap sportif ya!!

Hari Kelima Hadapi PAS

IMG_20170603_194328

Sabtu, 3 Juni 2017 merupakan hari ke lima pelaksanaan PAS semster genap. Perjuangan murid SMAK Santo Paulus menghadapi PAS tersisa 3 hari lagi. Tentunya mereka masih dibekali tekad dan semangat belajar untuk mencapai nilai yang maksimal. Seperti biasanya, para murid SMAK Santo Paulus belajar bersama teman-teman sambil menanti bel tanda PAS dimulai. Belajar bersama teman dapat menjadi sarana belajar yang menyenangkan karena dapat bertukar informasi sesama teman dan dapat membuat murid tidak bosan saat belajar. Bidang studi yang diuji pada hari ini adalah Matematika dan Desain Grafis untuk kelas X , Fisika untuk kelas XI IPA,  Ekonomi untuk kelas XI IPS. Oleh karena itu, murid kelas XI diperbolehkan untuk pulang pukul 9 pagi, sedangkan murid kelas X masih diharuskan menghadapi Ujian Desain Grafis. Semangat para murid SMAK Santo Paulus dalam menghadapi PAS ini tidak luntur meski PAS sudah berjalan seminggu. Hadapi PAS lebih bersemangat lagi! (Clarissa A. / 09 & Rachellia Y. G. / 29 XI-A2 )

Hari Keempat Menghadapi PAS

IMG_20170602_234208

 

Jumat, 2 Juni 2017 murid-murid kembali masuk sekolah untuk melanjutkan penilaian akhir semester. Mata pelajaran yang diujikan hari ini untuk kelas X adalah Kimia dan PKN dan untuk kelas XI adalah Bahasa Indonesia. Untuk itu pukul 09.00 kelas XI diperbolehkan pulang terlebih dahulu karena hanya satu mata pelajaran yang diujikan pada hari ini. Sementara itu, murid kelas X tetap berada di sekolah untuk melanjutkan ujian pada jam kedua setelah istirahat hingga pukul 11.00.  

Ketika jam istirahat murid kelas X ada yang sibuk belajar bersama di selasar  ruang ujian serta ada juga yang menghabiskan waktu untuk makan di kantin sekolah. Sedangkan untuk murid kelas XI dipersilahkan untuk segera meninggalkan sekolah supaya tidak membuat keramaian yang dapat mengganggu suasana hening saat pelaksanaan akhir semester berlangsung bagi murid kelas X. (Aurel dan Lysia XI IPA 1)

PAS Hari Ketiga

IMG_20170531_201211

Rabu, 31 Mei 2017 merupakan hari ketiga pelaksanaan Penilaian Akhir Semester Genap. Murid kelas X dan kelas XI memadati depan ruang kelas untuk belajar bersama. Hari ini, kelas X IPA melaksanakan penilaian akhir semester Biologi dan seni suara sedangkan kelas X IPS melaksanakan penilaian akhir semester Geografi dan seni suara. Kelas XI baik IPA maupun IPS hanya melaksanakan Penilaian akhir semester satu mata pelajaran saja, yaitu Bahasa Inggris. Setelah mereka melaksanakan Penilaian akhir semester Bahasa Inggris, kelas XI diperbolehkan pulang lebih awal.

Hari Kedua PAS

IMG_20170530_065831 copy

Hari ini, Selasa, 31 Mei 2017 adalah hari kedua Penilaian Akhir Semester Genap 2016 / 2017. Murid – murid kelas X dan kelas XI memadati selasar depan ruang ujian untuk belajar dan mempersiapkan diri mereka. Para murid kelas XI mempersiapkan diri mereka untuk menghadapi PAS Muatan Lokal Bahasa Jawa sedangkan para murid kelas X akan menghadapai PAS Religiositas. Mata pelajaran yang diujikan hari ini adalah Muatan Lokal Bahasa Jawa dan Seni Budaya Desain Grafis untuk kelas XI dan mata pelajaran Religiositas dan Sosiologi untuk kelas X. Setiap murid berharap mereka dapat mengerjakan soal – soal PAS dengan benar dan hasilnya dapat memuaskan mereka dan orang tua mereka.

Hari ini juga menjadi hari terakhir PAS dengan dua mata pelajaran bagi para murid kelas XI karena mulai besok, Rabu, 31 Mei 2017, mereka akan melaksanakan PAS dengan 1 mata pelajaran tiap harinya hingga PAS usai diadakan. Hal ini terjadi dikarenakan para murid kelas XI yang telah benar – benar memulai penjurusan baik IPA maupun IPS semenjak semester lalu.

Tetap semangat teman – teman kelas XI dan kelas X !