Category Archives: Uncategorized

SMAK SANTO PAULUS MEMPERINGATI HARI PAHLAWAN

Sabtu (10/11/2018) – Hari ini adalah hari Pahlawan, seluruh bapak / ibu guru, karyawan, dan murid SMAK Santo Paulus merayakan hari Pahlawan dengan melaksanakan upacara. Upacara ini dilaksanakan pukul 07.00 WIB  di lapangan sekolah. Upacara kali ini berbeda dengan upacara sebelumnya, karena upacara kali ini pengibar bendera diiringi oleh pasukan barisan paskibra. Murid SMAK Santo Paulus mengikuti upacara dengan baik dan tertib. Selain itu, pembina upacara hari Pahlawan kali ini adalah bu Tanti. Dalam amanatnya beliau mengatakan bahwa kita harus menghormati dan menghargai para pahlawan yang telah mendahului kita. Jika tidak ada para pahlawan kita sekarang tidak dapat menghirup udara Indonesia yang merdeka ini. Maka dari itu kita sebagai pemuda pemudi Indonesia kita harus membanggakan dan menjadi pahlawan Indonesia yang sekarang karena masa depan Indonesia ada ditangan pemuda pemudi Indonesia. Seperti Ir. Soekarno yang pernah mengatakan bahwa bangsa yang besar adalah bangsa yang mengenang jasa para pahlawannya. ( Kezia Karen Sutejo dan Jane Ignacia Soekardjo XS1)

SAINT PAUL FESTIVAL 2018 RESMI DIMULAI!

Sabtu (6/10/2018)- Akhirnyaaa!! Saat yang ditunggu-tunggu telah tiba yaitu acara pembukaan SPF (Saint Paul Festival) 2018. Acara pembukaan SPF 2018 diawali dengan pertandingan basket dari pukul 15.00 sampai 18.00. Tema SPF kali ini adalah Team Work Makes The Dream Work artinya kerjasama tim untuk membuat impian tercapai. SPF 2018 dimulai dari hari ini, 6 Oktober 2018 hingga 21 Oktober 2018. Pembukaan kali ini berlangsung dengan lancar berkat kerja keras para panitia SPF 2018. Mereka sampai rela loh pulang larut malam demi mempersiapkan acara SPF 2018. Dua jempol untuk para panitia SPF! Selain itu, tak hanya diadakan lomba basket, tetapi juga ada lomba dance dan rally science. Jadi ayo Jangan lupa datang ke SPF dan dukung timmu untuk menang! (Keiko LI XIS4/16)

Kita Indonesia Kita Pancasila

Senin (01/10/2018) –
Siswa SMAK Santo Paulus Jember mengawali kegiatan bulan Oktober ini dengan mengikuti upacara bendera. Upacara bendera ini tidak hanya untuk memperingati hari Kesaktian Pancasila saja. Sesuai dengan yang disampaikan oleh Romo Antonius Denny Cahyo selaku kepala sekolah sekaligus pembina upacara, ada tiga perisitiwa istimewa yang terjadi pada hari ini, antara lain hari Kesaktian Pancasila, hari pelantikan anggota Paskibra SMAK Santo Paulus Jember tahun 2018-2019, dan juga peringatan hari Santa Theresia dari Kanak-kanak Yesus.
Para murid mengikuti upacara bendera ini dengan khidmat. Pagi ini para anggota paskibra tahun 2018-2019 juga mengucapkan janji paskibra dengan lantang.
Salam Bhineka Tunggal Ika !
(Fenita Dea Ananda / XIA1
Cynthia Cancerria S. / XIA2)

Foto : Rebecca Natalia S. / XIA1

Ujian Telah Usai

 

Kamis (7/12/2017), masa ujian telah selesai. Kelegaan terlihat di tiap air muka para siswa. Sebagai bentuk sukacita karena masa ujian telah selesai, setiap akhir semester selalu diadakan classmeeting di SMAK Santo Paulus Jember. Classmeeting adalah lomba antar kelas yang diadakan tiap tahunnya setelah ujian akhir semester berakhir. Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, lomba basket dan futsal selalu menjadi lomba menyenangkan.. Tiap kelas berusaha untuk menjadi yang terbaik dan menjuarai classmeeting ini. Antusiasme mereka terlihat dari partisipasi aktif mereka dalam acara ini. Selain untuk mengisi waktu setelah ujian, classmeeting ini juga merupakan ajang yang baik bagi siswa untuk semakin kompak dengan anggota kelasnya.

BERBAGI PENGALAMAN SOSIAL MELALUI MATA PELAJARAN SOSIOLOGI

PAK-GUNTUR

Rabu, (13/9/2017)- Jam pelajaran ke-5 di kelas X IPS 4 diisi dengan pelajaran Sosiologi. Di setiap pertemuan pelajaran, Pak Guntur selalu mengawalinya dengan sharing mengenai beberapa masalah atau berita yang berhubungan dengan pelajaran Sosiologi atau tentang kemasyarakatan. Hal yang di-sharingkan adalah berita atau permasalahan yang ada di lingkungan sekitar maupun yang sedang gempar di media sosial. Selain murid dapat aktif mengetahui berita atau permasalahan terbaru, hal ini dapat melatih murid untuk berpikir kritis dalam menanggapi suatu permasalahan yang ada. Demikianlah kekreativitasan guru SMAK Santo Paulus dalam mengajar. Menyenangkan bukan??? (M. Agatha / X IPS 4)

Remidial dan Classmeet

IMG_20170609_213652

Hari ini (09/06/2017) memasuki hari ke-2 kegiatan ClassMeeting. Beberapa murid SMAK Santo Paulus mulai mempersiapkan diri untuk bertanding sedangkan beberapa murid lainnya harus mengikuti kegiatan remedial. Kegiatan remedial kali ini merupakan kesempatan terakhir bagi para murid yang nilainya masih belum menginjak ketuntasan minimum. Murid-murid pun diharapakan lebih serius dalam mengikuti kegiatan remedial ini. Sehubungan dengan adanya kegiatan remedial, jadwal pertandingan pun sedikit mengalami perubahan. Hal tersebut terjadi supaya murid tetap dapat membagi waktu untuk memperbaiki nilai serta menjalin keakraban dalam kegiatan ClassMeeting. Fighting Guys!! (Yohanes M/XIA3 & Erin Kana XIA2)

Classmeet yang Ditunggu – Tunggu

Penilaian Akhir Semester telah selesai dilaksanakan. Kini, tiba saatnya melakukan kegiatan Class Meeting yang ditunggu-tunggu oleh para murid SMAK Santo Paulus. Kegiatan ini diadakan oleh OSIS SMAK Santo Paulus setiap semester setelah penilaian akhir semester. Kegiatan ini diadakan dengan tujuan melepas penat yang terbentuk selama PAS dan menjalin keakraban antar anggota kelas dan kelas lainnya.

Hari ini (08/06/2017), Class Meeting hari pertama dimulai. Kegiatan dimulai dengan pertandingan basket dan ditutup dengan pertandingan futsal. Kegiatan berlangsung seru dan kemeriahan penonton dan supporter yang semarak semakin mencairkan suasana dalam kegiatan tersebut. Seluruh kelas yang bertanding hari ini mempersiapkan diri serta merencanakan strategi untuk menampilkan permainan yang terbaik. Menang ataupun kalah merupakan hal yang harus terjadi tetapi hasil tersebut tidak menentukan kualitas kelas. Namun, semangat kebersamaan kekompakan, dan saling menghargai menjadi patokan kualitas. Semangat bertanding kawan-kawan. Tetap sportif ya!!